PDIP Tolak Koalisi, Demokrat: Di PDIP hanya Hasto yang Alergi

 Deputi Balitbang Demokrat, Syahrial Nasution/Net
Deputi Balitbang Demokrat, Syahrial Nasution/Net

Partai Demokrat tak habis pikir dengan sikap PDI Perjuangan yang menolak berkoalisi. Deputi Balitbang Demokrat, Syahrial Nasution mengatakan, sikap yang diutarakan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto itu sulit dipahami.


"Sulit dipahami sebagai sesama partai nasionalis, PDIP menolak kerja sama dengan Demokrat untuk kepentingan bangsa," kata Syahrial dikutip dari akun Twitternya, Jumat (24/6).

Meski demikian, Syahrial tidak yakin penolakan koalisi itu murni sebagai keputusan DPP. Sebab sepengetahuannya, masih banyak elite PDIP yang justru berhubungan baik dengan partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu.

"Hanya Hasto PDIP yang alergi. Mungkin karena kami sering tanya ke KPK, kapan Harun Masiku ditangkap? Waktu Pak SBY Presiden, Pramono Anung dan BG akrab dengan Demokrat," tandasnya.

Dalam kesempatan sebelumnya, Hasto menyebut ada perbedaan ideologi antara PDIP dan Demokrat sehingga sulit untuk menyatukan dua parpol dalam wadah koalisi.

"Koalisi harus melihat emotional bonding pendukung PDIP. Kalau saya pribadi sebagai sekjen memang tidak mudah bekerja sama dengan Demokrat," demikian kata Hasto.