PDGI Cabang Medan Siap Berkolaborasi Mewujudkan Medan Sebagai Kota 'Medical Tourism'

Foto/Ist
Foto/Ist

Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Medan menggelar acara Medan Dentistry 2022 dengan mengusung tema "Enhancing Knowledge, Improving Skills" di Tiara Convention Center, 4-5 Februari 2022.


Rangkaian acara tersebut dibuka oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution, didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Ketua PDGI Cabang Medan, Ketua PDGI Wilayah Sumatera Utara dan Dekan FKG USU.

Wali Kota Medan dalam sambutannya menyampaikan bahwa profesi dokter gigi merupakan salah satu sektor yang paling terdampak dengan pandemi Covid-19. 

"Pandemi membuat dokter gigi tidak bisa berbuat apa-apa. Sebab, masyarakat takut berobat gigi karena penyebaran virus corona diketahui melalui hidung dan mulut, untuk itu saya harap ke depan praktisi dokter gigi dapat kembali melayani masyarakat secara paripurna dengan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat," sebut Bobby Nasution.

Di kesempatan yang sama, Wali Kota Medan mengajak dokter gigi yang tergabung dalam PDGI Cabang Medan mendukung Pemko Medan untuk mewujudkan ibu kota Sumatera Utara  menjadi kota wisata kesehatan (Medan Medical Tourism).

“Saya mengajak PDGI Cabang Medan berkolaborasi untuk mewujudkan Medan Medical Tourism, selain mendorong bangkitnya sektor pariwisata, juga dapat mencegah warga yang selama ini cenderung berobat ke luar negeri,” tambah Bobby Nasution.

Kegiatan seminar ilmiah ini diikuti oleh sekitar 400 peserta dokter gigi yang berasal dari seputaran wilayah sumatera utara dan juga yang datang dari luar wilayah sumatera utara dengan menghadirkan pembicara berskala nasional. Hal ini diungkapkan Ketua Panitia, drg. Adi Wika Prasetya, MKM pada saat pembukaan acara didampingi Sekretaris Panitia, drg. Ahmad Affandi.

Ketua PDGI Cabang Medan, drg. Meriah Ukur Sembiring, menyambut baik ajakan Pemerintah Kota Medan mewujudkan Medical Tourism di daerah ini. 

"PDGI siap berkolaborasi mendukung Kota Medan menjadi Medical Tourism. Untuk mewujudkan hal itu, kita terus meningkatkan kualitas pelayanan, apalagi hari ini seluruh dokter gigi telah mengikuti vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan," ujarnya bersama Sekretaris PDGI Cabang Medan, drg. Ranu Putra Armidin.