Pasrah Soal Calon Pj Kepala Daerah, Edy Rahmayadi: Wewenang Pusat Silahkan Siapapun Dia

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi/RMOLSumut
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi/RMOLSumut

Isu penolakan pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) atas nama-nama yang diusulkan untuk menjadi penjabat (Pj) Wali Kota Tebingtinggi dan Pj Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) tidak membuat Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi pusing.


Ia mengaku menyerahkan sepenuhnya penentuan sosok yang akan menjabat Pj tersebut kepada pemerintah pusat.

“Itu wewenangnya pusat, siapapun yang ditunjuk oleh pusat yang penting berjalannya pemerintahan di daerah,” katanya saat ditemui usai mengikuti Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Lapangan Benteng, Medan, Jumat (20/5/2022).

Edy Rahmayadi menyebutkan pihaknya hanya sebatas mengusulkan nama. Dengan harapan nama tersebut dapat dipilih oleh pihak Kemendagri. Soal waktu penentuan nama calon Pj, ia berharap secepatnya sudah ditunjuk.

“Hari ini keluar, besok saya lantik. Karena pemerintah daerah tidak boleh terhenti karena masa jabatan yang habis,” ujarnya.

Soal isu perubahan dari nama-nama itu sendiri kembali Edy menegaskan hal tersebut ia sepenuhnya menyerahkan kepada pemerintah pusat.

“Saya tidak tau berubah atau tidak, karena kementerian dalam negeri meminta calon dari gubernur, habis tu pemerintah yang menentukan, silahkan, siapapun dia yang penting pegang aturan,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, nama-nama calon Pj Wali Kota Tebingtinggi dan Pj Bupati Tapanuli Tengah disebut ditolak oleh pihak Kemendagri. Penolakan ini disebabkan track record dari beberapa nama yang diajukan tersebut karena kerap dikaitkan dengan persoalan hukum.

Tiga nama yang diusulkan oleh Pemprov Sumut untuk calon Pj Wali Kota Tebingtinggi adalah Baharuddin Siagian yang kini menjabat Kadis Tenaga Kerja Sumatera Utara, Abdul Haris Lubis yang kini menjabat Kepala BPBD Sumut dan Aprillia H Siregar yang kini Kepala Biro Organisasi Setda Provsu.

Sedangkan 3 nama yang diusulkan untuk calon Pj Bupati Tapanuli Tengah yakni Afifi Lubis yang kini menjabat Sekretaris DPRD Sumut dan Pj Sekda Sumut, Asren Nasution yang kini menjabat Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sumatera Utara dan Kaiman Turnip yang kini mnejabat Staf Ahli Gubernur dan juga Pj Kadiskominfo Sumut.