Pabrik Hyundai Selesai Maret 2021 di Indonesia, Serap 3.500 Tenaga Kerja

Luhut Binsar Panjaitan/Net
Luhut Binsar Panjaitan/Net

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pembangunan pabrik mobil dan bateri mobil listrik milik Hunday Motor Company akan selesai pada Maret 2021 di kawasan industri Deltamas, Bekasi. Pabrik ini diklaim memiliki kapasitas produksi hingga 250 ribu unit per tahun.


"Siang ini saya melihat langsung produk mobil listrik dari Hyundai Motors yang dipajang di halaman parkir kantor saya," ungkap Luhut dalam unggahan di Instagram pribadinya, Jumat (6/11). 

Luhut mengaku telah melihat langsung mobil listrik yang diproduksi oleh Hyundai bersamaan dengan kunjungan langsung dari Presiden Hyundai Motor Asia Pasific Lee Young Tack ke kantornya.

Pendirian pabrik ini digadang akan menyerap 3.500 tenaga kerja lokal. Sementara investasi yang disiapkan Hyundai Motor Company sebesar 1.154 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 16,96 triliun.

“Ini adalah realisasi dari komitmen investasi yang ditandatangani langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) tahun lalu," tegasnya.

Kepada Tack, Luhut memastikan Indonesia punya bahan material untuk membuat baterai mobil listrik. Luhut juga menjelaskan bahwa pemerintah segera menyelesaikan peraturan terkait pajak dan rencana penggunaan plat khusus bagi mobil listrik seperti ini.