Nawal Lubis Sebut Dukungan Keluarga Penting Bagi Pasien Kanker

Nawal Lubis/Ist
Nawal Lubis/Ist

Untuk meningkatkan kualitas hidup pasien kanker, diperlukan dukungan dari setiap orang di sekeliling pasien.


Hasil penelitian menunjukan ada hubungan signifikan antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup pasien kanker yang menjalani kemoterapi.

Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis selaku Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sumut saat menjadi narasumber webinar "Kondisi Kanker Saat Ini" secara virtual di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Selasa (28/9). Webinar diikuti peserta dari Pengurus YKI, darma wanita hingga tenaga kesehatan se-Sumut.

“Dukungan keluarga merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk membantu seorang penderita kanker. Pengetahuan yang memadai pada keluarga juga diperlukan agar dapat memberikan perawatan yang maksimal, efektif dan efisien pada penderita kanker,” kata Nawal.

Dukungan keluarga, kata Nawal, bisa beragam bentuk. Mulai dari menghibur hingga menjadi tempat curahan hati. Menurutnya, pasien kanker cenderung sensitif maka perlu perawatan yang sensitif pula. Termasuk memperhatikan kondisi psikologisnya.

“Perawatan pasien kanker tidak hanya secara fisik, namun juga secara psikologis, keluarga bisa memberi hiburan dan menjadi tempat curahan hati, sehingga pasien bisa menjadi nyaman,” kata Nawal.

Sebelum webinar, Nawal melantik empat Pengurus YKI, yaitu YKI Mandailing Natal, Padanglawas, Labuhanbatu Selatan, dan Nias Selatan

Adapun pengurus yang dilantik di antaranya Ketua YKI Padang Lawas Yusra Ali Sutan Harahap, Sekretaris Fathiyah Sri Muliyati Arpan Nasution, Bendahara Emma Nurul Ahmad Zarmawi Pasaribu.

Ketua YKI Nias Selatan Yustina Hilarius Duha, Sekretaris Martina Ikhtiar Duha, Bendahara Lisricka Amsarno Sarumaha. Ketua YKI Labuhanbatu Selatan Darni Hatna Saima Edimin, Sekretaris Febriyani Heri Wahyudi dan Bendahara Khairiah Dasopang. Ketua YKI Mandailing Natal Eli Maharani M Jafar Sukhairi Nasution, Sekretaris Nuramali Nasution dan Bendahara Rosmartini.

Kepada pengurus yang dilantik Nawal berpesan agar memberikan yang terbaik dalam organisasi. Pengurus diharapkan segera membuat program kerja. Terutama membantu masyarakat penderita kanker agar mendapat penanganan yang baik.

“YKI punya tanggung jawab untuk memperhatikan dan mengedukasi masyarakat Sumut agar terhindar dari kanker, juga memfasilitasi masyarakat agar mendapatkan perawatan dan pengobatan yang memadai,” kata Nawal

Senada dengan Nawal, Sekretaris YKI Sumut Zahara Nasution menyampaikan dukungan keluarga memang sangat dibutuhkan. Ada beberapa dukungan yang harus diberikan keluarga di antaranya dukungan emosional, informasi, material dan sosial.

“Orang sehat saja apabila diabaikan akan merasa sedih, apalagi sedang menderita penyakit, maka keluarga harus mendukung si pasien,” kata Zahara, yang juga seorang dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat USU ini.