Nawal Lubis Hadiri Takziah dan Khataman Alquran Alm Selvi Yusrach Lubis

Nawal Lubis/Ist
Nawal Lubis/Ist

Ketua Dewan Penasihat Perhimpunan Boru Lubis (PBL) Nawal Lubis menghadiri takziah dan Khataman Alquran untuk Almarhumah (Alm) Ketua PBL Selvi Yusrach Lubis di kediamannya Jalan Petula Nomor 10/36 Medan, Jumat (27/8).


Dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat acara tersebut berlangsung secara sederhana dan hanya dihadiri sebagian anggota PBL.

Dengan khusyuk ayat-ayat Alquran dilantunkan para anggota PBL yang dipimpin Ustaz Hasbi Al-Mawardi Lubis. Usai membacakan Alquran dan doa, acara itu juga diisi tausiah oleh Ustaz Hasbi Al-Mawardi yang menyampaikan nasehat untuk mengingat kematian.

Menurut Hasbi, kematian adalah berpisahnya ruh dan jasad serta berpindahnya dari alam dunia ke alam barzah, dimana semuanya yang hidup di alam dunia akan mengalami mati. Kegiatan ini, menurut Hasbi adalah untuk mengingatkan yang hidup dalam persiapan mati yakni amal ibadah.

"Dunia ini tak usah kali dikejar, karena semua akan ditinggalkan. Namun bagaimana kita mempersiapkan usia kita bermanfaat orang lain dan beramal saleh untuk bekal pada kematian," ucap Hasbi.

Disampaikannya, akan ada penyeselan manusia ketika nanti di alam barzah, yakni meminta untuk dikembalikan di dunia untuk bersedekah dan memperbanyak ibadah. Makanya dianjurkan bagi sanak saudara yang ditinggalkan melakukan sedekah untuk si mayit. "Baik itu harta yang ditinggalkan si mayit maupun harta dari anak dan saudara untuk si mayit," katanya.

Kemudian, menurut Hasbi, mayit juga mengharapkan doa dari anak dan saudara yang ditinggalkan. Karena mayit di alam barzah seperti di tengah lautan yang terombang ambing mengharapkan bantuan.

Diketahui, Alm Selvi Yusrach Lubis meninggal dunia pada Sabtu (21/8). Semasa hidup, Selvi Yusrach Lubis aktif dalam kegiatan organisasi di antaranya Perhimpunan Boru Lubis yang menjabat sebagai ketua.