Nawal Lubis Berharap Seleksi Desa/Kelurahan Terbaik Jadi Motivasi Membangun

Ketua TP PKK Sumatera Utara Nawal Lubis/RMOLSumut
Ketua TP PKK Sumatera Utara Nawal Lubis/RMOLSumut

Seleksi desa/kelurahan terbaik di Sumatera Utara diharapkan menjadi motivasi untuk menggerakkan pembangunan oleh aparat pemerintah desa/kelurahan.




Demikian disampaikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis pada acara Pembukaan Pelaksanaan Tahapan Seleksi Penilaian Desa dan Kelurahan Terbaik tahun 2021, Tingkat Provinsi Sumut, di Hotel Prime Plaza, Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, Selasa (22/6). Hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Aspan Sofian,  perwakilan TP PKK kabupaten/kota bersama para pejabat, serta tim penilai lomba.

“Membangun desa menata kota merupakan konsep unggulan pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan. Metode yang digunakan di antaranya adalah dengan menstimulus pemerintah desa/kelurahan guna menggali potensi dan masalah yang ada di daerah masing-masing,” ujar Nawal.

Kepala Desa atau Lurah yang mampu memimpin dengan baik, lanjutnya, dapat dilihat dari profil yang disusun, termasuk pembangunan fisik dan pelayanan masyarakat, serta nilai gotong royong dalam berbagai aspek dan kegiatan. Termasuk keterlibatan seluruh lembaga yang ada di desa/kelurahan.

“Hari ini telah berkumpul para kandidat yang mencapai tahap seleksi semi final. Namun hasil yang baik harus dicapai melalui perjuangan yang besar. Bersainglah secara ketat, namun penuh sportivitas. Perlombaan ini bukan tujuan dari segalanya, melainkan anak tangga yang harus dilalui guna menjadi lebih baik dan mempertahankannya,” jelas Nawal yang membuka acara ditandai pemukulan gong.

Melalui perlombaan ini, kata Nawal, kabupaten/kota yang belum masuk sebagai kandidat terbaik harus berbenah dan mempersiapkan diri di tahun berikutnya. Sebab seleksi desa/kelurahan tersebut merupakan motivasi agar pengelolaan pemerintahan di tingkat bawah itu bisa membawa kesejahteraan bagi seluruh warganya.

“Semoga acara ini bisa membangkitkan semangat dan membuat iri daerah lain untuk bisa menjadi lebih baik dan menjadi yang terbaik di tahun-tahun selanjutnya. Kepada para kandidat, semoga bisa mempertahankan keunggulan,” pungkasnya.

Adapun kabupaten yang desanya terpilih menjadi kandidat untuk perlombaan tingkat provinsi ini yakni, Kabupaten Langkat, Asahan, Deliserdang, Padanglawas Utara, Batubara, dan Tapanuli Utara. Sementara untuk kandidat kelurahan terbaik yakni Kabupaten Langkat, Kota Tanjungbalai, Medan, dan Tebingtinggi.