Momota Tersingkir 'Peta' Perebutan Emas Olimpiade Semakin Sulit Ditebak

Kento Momota/Net
Kento Momota/Net

Pebulutangkis tunggal putra Jepang, Kento Momota tersingkir dari Olimliade Tokyo 2021.


Hal ini terjadi setelah Momota dikalahkan oleh wakil Korea Selatan Heo Kwang-hee 21-15 dan 21-19, Rabu (28/7/2021) malam WIB.

Tersingkirnya Momota membuat perebutan medali emas akan semakin seru.

Harus diakui dominasi Momota pada tunggal putra menjadi dasar munculnya prediksi bahwa ia akan menggondol emas. Bahkan ia ditempatkan pada unggulan pertama.

Beberapa nama pebulutangkis tunggal putra menjadi sorotan pasca tersingkirnya Momota. Ada dua nama wakil Indonesia Jonathan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, kemudian Chou Tien Chen (China Taipei), Viktor Axelsen dan Anders Antonsen (Denmark), Shi Yuqi (China). Nama-nama ini saat ini berada pada papan atas ranking BWF.

Sedangkan tunggal putra lainnya yang masih melaju seperti Kenta Tsuneyama (Jepang), Mark Caljou (Belanda), Wang Tzu-wei (Taiwan) bahkan termasuk

Heo Kwang-hee yang notabene menyingkirkan Momota sepertinya kurang diyakini mampu menjuarai ajang olah raga paling bergengsi di dunia ini. Karena mereka bukan penghuni peringkat atas tunggal putra.

Pun demikian, kejutan yang terjadi dengan tersingkirnya Momota merupakan pelajaran penting bahwa kejutan lain berpeluang terjadi, sekaligus menegaskan peringkat BWF bukan jaminan untuk menang dalam pertandingan.