Minggu Lalu Diberangkatkan Gubernur, Kontingen Sumut Untuk STQ Maluku Utara Diberangkatkan Lagi Oleh Wagubsu

Musa Rajekshah saat pelepasan kontingen Sumut untuk STQ Maluku Utara/Ist
Musa Rajekshah saat pelepasan kontingen Sumut untuk STQ Maluku Utara/Ist

Pemberangkatan kontingen Sumatera Utara untuk mengikuti Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) XXVI di Maluku Utara dilakukan dua kali.


Pemberangkatan pertama dilakukan oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi pada Kamis 7 Oktober 2021 lalu di Aula Tengku Rizal NUrdin, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan. 

Kemudian pemberangkatan kontingen yang terdiri dari 20 qori/qoriah dan hafiz/hafizah kembali dilakukan oleh Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah pada Selasa 12 Oktober 2021 kemarin di Masjid Ulul Albab, Kampus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Jalan Sutomo, Medan.

Pada pemberangkatan pertama, Edy Rahmayadi mengaku sangat bersyukur karena regenerasi qori/qoriah dan hafiz/hafizah masih terus berjalan baik di Sumut.

“Saya sangat bersyukur kita bisa terus meregenerasi qori/qoriah dan hafiz/hafizah. Penting memang kita bisa berprestasi di ajang nasional, tetapi yang lebih penting kita semakin banyak pencinta Alquran di Sumut,” kata Edy Rahmayadi dalam sambutannya saat itu.

Sementara, pada pemberangkatan yang dilakukan oleh Wagub Sumut Musa Rajekshah, ia berpesan agar para peserta dapat menunjukkan hasil latihan yang telah dilalui dengan efektif, sungguh-sungguh dan penuh dedikasi. 

"Insya Allah, kalau memang niat kita untuk membaca kalam suci Allah dan niat tulus untuk membawa harum nama provinsi yang kita cintai ini, mudah-mudahan perjalanan ini dilancarkan, diberikan kesehatan, kekuatan, keimanan, ketakwaan dan keberhasilan nantinya," ungkapnya.

Dua acara pelepasan pada hari berbeda ini dihadiri langsung oleh Asren Nasution selaku Ketua LPTQ Sumut. Ia mengatakan STQ XXVI Maluku Utara akan digelar pada 14-23 Oktober 2021, yaitu di Kota Sofifi dan Kota Ternate. Asren optimis, Sumut mampu meraih prestasi yang membanggakan di STQ Maluku Utara, meski didominasi para peserta pemula.

“Kita sudah latihan baik tatap muka dan juga video call. Insya Allah, kafilah kita bisa tampil seperti saat latihan kita akan mendapat hasil yang bagus,” kata Asren.