Jurnalis menjadi mitra strategis untuk memberikan pencerahan seputar dunia pertambangan kepada masyarakat.
Atas dasar itulah ‘holding’ perusahaan pertambangan BUMN, PT Mineral Industri Indonesia atau MIND ID mendorong kalangan jurnalis aktif memberikan edukasi seputar dunia pertambangan.
Hal ini diungkapkan oleh Corporate Communication MIND ID Pratiwa Dyatmika saat berbicara peda sosialisasi ‘MediaMIND 2023’ yang menjadi kompetisi jurnalistik tahunan yang mereka gelar bersama Perum LKBN Antara.
“Saya percaya bahwa para jurnalis di Kota Medan memiliki kualitas yang mumpuni untuk memberikan edukasi melalui tulisan dan kata-kata kepada masyarakat,” kata Pratiwa Dyatmika.
Pratiwa pun menilai, masyarakat berhak mendapatkan literasi soal pertambangan nasional yang mendetail dan berbasis data akurat.
"Sehingga bersama MIND ID para jurnalis dan masyarakat bisa bersama-sama memberikan nilai tambah untuk Indonesia dan menyukseskan program pemerintah," tutur Pratiwa.
Sementara Fajri Ramadhan menyebut, tema MediaMIND 2023 yaitu "Memberi Nilai Tambah untuk Indonesia" sangat bagus untuk mempublikasikan target hilirisasi pemerintah.
Sehingga Fajri ingin kompetisi jurnalistik kedua yang digelar MIND ID tersebut dapat memberikan nilai tambah, bukan hanya kepada pewarta tetapi juga untuk MIND ID serta masyarakat.
"Jadi memiliki kontribusi bukan hanya untuk individu jurnalis dan media, tetapi juga kepada INALUM, MIND ID serta masyarakat Sumatera Utara dan Indonesia," tutur dia.
Rangkaian MediaMIND 2023 dengan tema "Memberi Nilai Tambah untuk Indonesia" dimulai dari pengumpulan karya jurnalistik pada periode 24 Juli-14 September 2023.
Dalam kurun waktu tersebut, dilaksanakan sosialisasi di lima kota yakni Medan, Kendari, Surabaya, Palembang dan Jakarta.
Ada empat kategori karya yang dilombakan yaitu karya tulis "hard news", karya tulis "feature", karya video berita dan karya foto.
Seluruh produk jurnalistik yang dikirimkan peserta wajib memenuhi empat subtema sebagai berikut.
1. Industri, yang berkaitan dengan teknologi dan inovasi grup MIND ID serta proyek strategis MIND ID.
2. Komoditas, berkaitan dengan produksi grup MIND ID dan hilirisasi.
3. Ekonomi dan bisnis, berkaitan dengan kinerja keuangan, sumbangsih grup MIND ID untuk ekonomi nasional, sumbangsih grup MIND ID untuk ekonomi daerah.
4. ESG (Environmental Social Governance), berkaitan dengan "sustainability" dan tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL).
Adapun total hadiah untuk para pemenang MIND ID lebih dari Rp300 juta.
Nantinya setelah semua karya terkumpul, produk jurnalistik tersebut akan disaring oleh tiga juri praseleksi yaitu Maha Eka Swasta (juri foto dari LKBN Antara), Mysister Silvilona Tarigan (juri video dari Kompas TV) dan Azis Husaini (juri teks dari Kontan).
Kemudian, akan ada 33 finalis terpilih yang selanjutnya mengikuti "Media Site Visit" pada 3 Oktober 2023. Ke-33 finalis ini masing-masing akan mendapatkan Rp3 juta.
Dewan Juri itu terdiri dari lima orang yaitu Ketua IMEF Singgih Widagdo, Pemimpin Redaksi CNN TV Titin Rosmasari, Direktur Utama Tempo Media Arif Zulkifli, Kurator Independen dan Founder Matawaktu.org Oscar Motuloh dan Pemimpin Redaksi Narasinewsroom Zen RS.
© Copyright 2024, All Rights Reserved