Meryl Rouli Saragih: Kelurahan Bersinar Efektif Dalam Penanggulangan Narkoba

Sosialisasi Bahaya Narkoba/Ist
Sosialisasi Bahaya Narkoba/Ist

Keterlibatan seluruh unsur masyarakat dalam satu kawasan pemukiman menjadi hal yang sangat efektif dalam upaya menangkal peredaran dan penyalahgunaan narkoba.


Salah satu upaya melibatkan masyarakat tersebut yakni dengan menciptakan program bersama seperti Kelurahan Bersinar (Bersih dari Narkoba).

Hal ini disampaikan Anggota DPRD Sumut Meryl R Saragih saat berbicara dalam Sosialisasi tentang Bahaya Narkobad di Hotel Hermes Maimun, Rabu (29/6/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Meryl mensosialisasikan Perda no. 1 tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya.

"Dulu ada di kampung Aur disebut sebagai ada tempat banyak pemakai narkoba sekarang sudah jauh berkurang dan menurut data BNN tidak masuk 5 besar lagi sejak pencanangan Kelurahan Bersinar,” ujar Meryl.

Saat ini Menurut data BNN Provinsi, Sumatera Utara peringkat 1 penggunaan dan pengedaran Narkoba dari 34 Provinsi di Sumatera Utara. Tentunya ini bukan prestasi dan menjadi pekerjaan rumah bersama.

“Kemarin saya baca di Media bahwa di HANI (Hari Anti Narkotika Internasional) kemarin Pemrov Sumut menerima penghargaan dari BNN RI karena telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 6 Miliyar untuk rehabilitasi 1,000 pecandu. Tapi kenapa kenyataannya berbanding terbalik dengan Provinsi kita sebagai peringkat No. 1 Pengguna dan Pengedaran Narkoba. Tentunyata ini sangat disayangkan. Masalahnya ini ada dimana? Anggaran yang dikeluarkan tidak sesuai dengan prestasi yang dicapai," lanjut Meryl.

Kendala lain yang kini harus dicari solusinya kata Meryl yakni masih adanya rasa takut dari masyarakat untuk melapor dan takut menjalani rehabilitasi. Padahal UU mengatur bahwa sang pelapor tidak akan terkena sanksi.

"Ini adalah tugas kita bersama, Pemerintah dan saya sebagai wakil rakyat untuk mensosialisasikan bahaya narkoba, BNN dan Kepolisian untuk penindakan dan masyarakat untuk melapor. Jangan menganggap ini aib tapi musibah yang harus kita selesaikan bersama dengan bersinergi, dimulai dari unit terkecil masyarakat yaitu keluarga. Kita tidak bisa sendiri-sendiri, harus bersinergi untuk menciptakan Provinsi Sumatera Utara yang bebas dari Narkoba," sebut Meryl.

Terakhir Meryl menyerukan agar Pengguna narkoba jangan dikucilkan, melainkan harus dirangkul, diobati dan dipulihkan, sehingga menjadi lebih baik.