Mendikbud Dukung Usulan Pembangunan Universitas Negeri Di Tapanuli Utara 

Nikson Nababan dalam salah satu forum diskusi virtual/RMOLSumut
Nikson Nababan dalam salah satu forum diskusi virtual/RMOLSumut

Usulan dari Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan untuk mendirikan Universitas Negeri Tapanuli Raya (Untara) di Tapanuli Utara mendapat dukungan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.


Dukungan ini tertuang dalam surat bernomor 16336/MPK.A/HK/2021 tertanggal 10 Maret 2021 yang ditujukan kepada Sekretaris Kabinet RI yang menyatakan dirinya secara prinsip mendukung rencana pendirian Untara melalui perubahan status IAKN Tarutung.

Diketahui, Nikson Nababan dalam usulannya yakni mengubah Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung menjadi Universitas Negeri Tapanuli Raya (Untara). Selanjutnya, Nadiem mempersilahkan Nikson Nababan mengkoordinasikan perubahan itu kepada Dirjen Pendidikan Tinggi.

"Kami sudah mulai mengkoordinasikan hal ini kepada Dirjen Kemendikbud. Kami mengapresiasi dukungan dari menteri," kata Nikson Nababan kepada wartawan, Minggu (21/3)

Wacana untuk pembangunan Untara sudah disampaikan oleh Nikson dalam beberapa forum pertemuan termasuk dalam beberapa diskusi virtual. Alasan utamanya mewacanakan itu adalah agar akses pendidikan semakin mudah di kawasan Tapanuli yang tentunya akan mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia di kawasan Danau Toba.

"Ini penting untuk mendukung suksesnya Danau Toba sebagai kawasan pariwisata super prioritas dan ini sesuai dengan visi dari Kabupaten Tapanuli Utara untuk menjadi lumbung pangan dan lumbung SDM berkualitas," ungkapnya dalam salah satu diskusi virtual beberapa waktu lalu.