Masyarakat Paluta Manfaatkan Layanan Kesehatan Gratis Pemprov Sumut

Layanan kesehatan gratis pemprov Sumut di Padanglawas Utara/RMOLSumut
Layanan kesehatan gratis pemprov Sumut di Padanglawas Utara/RMOLSumut

Masyarakat Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) berbondong-bondong datang ke Kantor Bupati Paluta, Jalan lintas Gunung Tua-Padangsidimpuan Km 3, Rabu (16/6).


Mereka datang untuk mendapatkan layanan kesehatan dari Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut).

Ada 179 orang yang mengantre untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis dari Pemprov Sumut ini,  di antaranya 124 khitan, 49 pengobatan dan 6 operasi bibir sumbing. Mereka rela datang dari jauh untuk menikmati layanan kesehatan gratis BKB, yang merupakan program unggulan Sumut Bermartabat ini.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi berharap program BKB bisa lebih luas menyentuh masyarakat. Dengan begitu, masyarakat yang tinggal jauh dari fasilitas kesehatan bisa menerima layanan kesehatan yang layak.

"Kita berusaha memberikan layanan kesehatan secara merata, karena itu mari kita doakan program ini bisa lebih besar lagi, sehingga lebih banyak tempat yang bisa di datangi," kata Edy Rahmayadi didampingi Plt Kadis Kesehatan Sumut Aris Yudharinsyah, saat meninjau kegiatan tersebut.

Salah satu warga Desa Sungai Orosan Sahrina Lubis rela menempuh perjalanan lebih dari satu jam untuk mendapatkan cek kesehatan dan pengobatan gratis dari BKB. Dia sangat bersyukur ada pengobatan gratis dengan peralatan dan tenaga medis yang baik.

"Kalo di desa kami tidak ada Puskesmas, adanya bidan. Biasanya kalau berobat ke Puskesmas Gunungtua. Saya kan petani, dah tua jadi sering sakit-sakit gitu. Bersyukur kali kami ada rumah sakit bis ini, alat-alatnya canggih, dokternya bagus," kata Sahrina (52 tahun), yang datang bersama enam orang temannya.