Mabes Polri Usut Kecelakaan Maut Di Balikpapan, Tim TAA Diturunkan

Truk yang menyebabkan kecelakaan maut/Net
Truk yang menyebabkan kecelakaan maut/Net

Kecelakaan maut yang melibatkan satu unit truk tronton dan beberapa kendaraan roda empat dan roda dua di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) mendapat perhatian dari Mabes Polri.


Tim Traffic Accident Analisis (TAA) diturunkan ke lokasi untuk melakukan rangkaian penyelidikan.

"Mabes Polri akan turunkan  tim TAA (traffic accident analisis) Korlantas Polri ke TKP," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jakarta, Jumat (21/1).

Menurut Dedi, tim itu nantinya akan memastikan penyebab utama dari terjadinya peristiwa kecelakaan yang mengakibatkan lima orang meninggal dunia itu.

"Untuk back up proses pembuktian secara ilmiah penyebab kecelakaan menonjol tersebut yang mengakibatkan lima orang meninggal dunia dan 14 orang luka-luka," ujar Dedi.

Sejauh ini, kata Dedi, berdasarkan keterangan dari supir truk tronton tersebut, kendaraan yang dikendarainya mengalami rem blong saat melintas di lampu merah Muara Rapak.

"Keterangan supir truk tronton pompa angin rem tidak berfungsi, sehingga menyebabkan terjadinya rem blong," ucap Dedi.

Setelah kejadian itu kepolisian vini melakukan evakuasi terhadap para korban, berkoordinasi dengan BNPB dan dinas terkait, melakukan evakuasi kendaraan, olah tempat kejadian perkara (TKP), dan pendataan korban di rumah sakit.