Lusa, Edy Rahmayadi Lantik Pj Wali Kota Tebingtinggi dan Pj Bupati Tapteng 

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi/RMOLSumut
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi/RMOLSumut

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dijadwalkan melakukan pelantikan terhadap penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi dan Pj Bupati Tapanuli Tengah pada Selasa, 24 Mei 2022. 


Dua nama yang akan dilantik yakni Muhammad Dimiyathi sebagai Pj Wali Kota Tebing Tinggi dan Yetty Sembiring sebagai Pj Bupati Tapanuli Tengah.

Ihwal pelantikan dua nama ini tercantum dalam surat yang dikirimkan oleh Pj Sekda Provinsi Sumatera Utara, Afifi Lubis kepada keduanya. Dalam surat bernomor 12/5299/2022 yang diteken oleh Afifi atas nama Gubernur Sumatera Utara tersebut dijelaskan penetapan dua nama tersebut untuk dilantik menjadi pj kepala daerah didasarkan pada surat Menteri Dalam Negeri nomor 131/2686/SJ tertanggal 20 Mei 2022.

Afifi dalam surat tersebut meminta kedua pejabat yang kini masih menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) di Tebing Tinggi dan Kabupaten Tapanuli Tengah tersebut diminta untuk hadir mengikuti gladi resik pada Senin 23 Mei 2022 dan pelantikan mereka sebagai Pj pada hari Selasa 24 Mei 2022.

Munculnya surat ini menjadi jawaban mengenai sosok yang akan menjabat sebagai Pj pada dua daerah tersebut yang dalam beberapa hari ini menjadi sorotan. Hal ini juga menegaskan bahwa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) menolak 6 nama yang diusulkan oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi untuk dipilih menjadi calon pj kepala daerah.

Enam nama calon pj yang sebelumnya diusulkan oleh Edy Rahmayadi yakni Afifi Lubis, Asren Nasution dan Kaiman Turnip untuk menjadi calon Pj kepala daerah di Tapanuli Tengah. Sedangkan nama Baharuddin Siagian, Abdul Harris Lubis dan Aprilla H Siregar.