LPKAN Sumut Dukung Program Walikota Medan Bobby Nasution Atasi Pungli

Doni Rizal/RMOLSumut
Doni Rizal/RMOLSumut

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pengawas Kinerja Apratur Negara Provinsi Sumatera Utara (DPD LPKAN Sumut) Doni Rizal mendukung penuh program Pemerintah Kota Medan terhadap sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) di kota Medan yang sudah sangat meresahkan.


"Kami sangat mendukung apa yang dilakukan Walikota Medan Bobby Nasution dalam memerangi pungli dikota Medan yang sudah sangat meresahkan masuarakat kota Medan," kata Doni Rizal kepada Kantor Berita RMOLSumut, Rabu (16/6).

Doni juga melihat pungli yang terjadi sampai saat ini yang paling terdampak adalah masyarakat kelas bawah yang dimana mereka saat berdagang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dimintai uang keamanan baik berdagang dipasar maupun dipinggir-pinggir jalan.

"Pedagang kecil sering sekali merasakan dampak dari pungli ini, atas nama ormas kepemudaan oknum-oknum tersebut memintan jasa keamanan kepada mereka," ungkap Doni.

Banyaknya Pungli kata Doni akan berakibat kurangnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Medan dan kurangnya PAD akan menghambat pembangunan dikota Medan.

"Pungli ini akan menghambat pembangunan dan mengurangi PAD kota Medan," jelasnya.

Doni mengharapkan kepada pemerintah kota Medan untuk bisa merubah mainset masyarakat untuk tidak memberikan apapun baik bentuk uang maupun barang kepada oknum-oknum pungli.

Upaya dan langkah yang dilakukan Walikota Medan dalam mewujudkan good governance ini kata Doni sejalan dengan programnya LPKAN Sumut.

"Langkah Walikota Medan Bobby Nasution untuk mewujudkan good governance selaras dengan program LPKAN mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa," pungkasnya.