Lodewijk F. Paulus Siap Gantikan Azis Syamsuddin

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F. Paulus/Net
Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F. Paulus/Net

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F. Paulus akan dilantik sebagai Wakil Ketua DPR RI menggantikan Azis Syamsuddin, Kamis (30/9).


Rencananya, pelantikan Lodewijk akan dilangsungkan pukul 10.30 WIB di Ruang Paripurna II, Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta.

Lodewijk diajukan Partai Golkar kepada Pimpinan DPR RI untuk menggantikan Aziz Syamsuddin yang mengundurkan diri karena terbelit kasus hukum.

Surat pengajuan Lodewijk, diantarkan langsung Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto didampingi Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI Kahar Muzakir.

Sebelum berkiprah di dunia politik, Lodewijk lama berkiprah di dunia militer. Pria kelahiran Manado 27 Juli 1957 itu lulus dari akademi militer tahun 1981. Dia menjabat sebagai komandan pleton (Danton) Kopassandha yang kini bernama Kopassus.

Karier militer Lodewijk banyak dihabiskan di korps baret merah. Sampai pada 2009, dia dipilih menjadi Danjen Kopassus menggantikan Pramono Edhie Wibowo.

Namun, ia hanya menjabat dua tahun sebagai Danjen Kopassus sebelum akhirnya ditugaskan menjadi Pangdam Bukit Barisan pada 2011 hingga 2013.

Akhir kariernya di militer dihabiskan sebagai Komandan Kodiklat TNI AD menggantikan Gatot Nurmantyo pada 2013 hingga 2015. Ia pensiun dari TNI dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal.