Lagi, Harimau Terkam Ternak Warga Di Langkat

Ternak warga mati diterkam Harimau di Langkat/RMOLSumut
Ternak warga mati diterkam Harimau di Langkat/RMOLSumut

Konflik antara satwa liar Harimau Sumatera dengan warga kembali terjadi di Langkat. Kali ini satwa liar dilindungi tersebut kembali menerkam dua ekor lembu milik warga.


Informasi yang diperoleh peristiwa ini terjadi di Dusun VII, Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat. Dua ekor ternak tersebut ditemukan dalam kondisi yang sudah mati di kawasan perkebunan kelapa sawit milik Narudin Sembiring. Temuan ini kemudian disampaikan kepada pihak kepolisian yang langsung turun ke lokasi.

"Kita menerima laporan pada Rabu (6/1) sekitar pukul 08.00 WIB, dari Kepala Desa Lau Damak Ngemat Ginting bahwa telah terjadi kembali harimau memangsa lembu peliharaan warga," kata Kapolsek Bahorok Iptu Pamilu H Hutagaol, dari Bahorok, Kamis (7/1).

Dijelaskannya, lokasi ternak malang tersebut berada sekitar 1 kilometer dari dusun. Lembu itu sendiri diikat oleh pemiliknya Zainuddin pada areal perkebunan sawit milik Narudin Sembiring. 

"Namun pada pagi sekitar warga yang melintas dari lokasi bernama Sungkunen Sembiring melihat dua ekor lembu sudah mati, ia kemudian memberitahukan hal itu kepada pemiliknya," ujarnya.

Saat didatangi, satu ekor lembu tersebut masih dalam keadaan utuh namun memiliki luka bekas cakar dan luka gigitan harimau. Sedangkan lembu lainnya sudah dalam keadaan tidak utuh lagi dan terpotong-potong.

"Kini warga sudah melakukan kordinasi dengan pihak Balai Besar TNGL Wilayah Bukit Lawang I Wayan Dadu, guna menghalau harimau tersebut," dimana sebelumnya juga kejadian yang sama beberapa waktu yang lalu juga pernah terjadi," demikian Pamilu Hutagaol.