Kunjungi Geosite Batu Hoda, Sofyan Tan Usul Kemenpar Bikin Pelatihan Khusus Pemasaran Wisata

Sofyan Tan bersama Ombang Siboro di Batu Hoda Beach, Samosir/Ist
Sofyan Tan bersama Ombang Siboro di Batu Hoda Beach, Samosir/Ist

Keindahan Danau Toba tidak akan bisa 'dijual' tanpa adanya kemahiran dalam bidang pemasaran wisata. Karena itu, pihak Kementerian Pariwisata harus mampu menggandeng berbagai pihak yang ahli dalam bidang tersebut.


Hal ini disampaikan anggota DPR Sofyan Tan saat berkunjung ke Batu Hoda Beach Samosir yang diterima langsung oleh pemilik objek wisata tersebut Ombang Siboro, Kamis (15/4/20210.

"Saya menggagas dan mengajak pihak Kemenpar RI menyelenggarakan pelatihan strategi memasarkan Samosir dan Danau Toba ke berbagai negara secara khusus di ASEAN dan Pasifik, sebab Samosir dan Danau Toba ini sangat indah dan menakjubkan, sebagai 'mutiara kepingan surga'," katanya.

Politisi PDI Perjuangan ini mengaku keindahan Danau Toba merupakan hal yang tidak terbantahkan lagi. Namun pada sisi lain, seluruh objek wisata di sekitarnya harus mendapat penataan yang baik seperti halnya Batu Hoda Beach.

"Saya senang bisa melihat objek wisata Batu Hoda Beach yang tertata dengan sangat baik, bersih dan nyaman serta pengelolaannya sudah memenuhi kelayakan standard pelayanan kepariwisataan yang baik," ujarnya.

Ombang Siboro sangat mengapresiasi kedatangan Sofyan Tan ke Batu Hoda. Ia juga berterima kasih atas upaya politikus PDIP itu yang berinisiatif mencari jalan agar bagaimana potensi pariwisata Samosir dan Danau Toba melaui dapat terpasarkan hingga ke mancanegara melalui kegiatan yang tentu sangat baik dan strategis.

"Pak Sofyan Tan jelas bukan dari Dapil Tapanuli atau Danau Toba, namun hatinya sangat serius untuk memajukan Danau Toba," sebutnya.

Pelatihan yang dibuatnya, diakui Ombang, merupakan kesempatan yang baik bagi peserta yang ikut, sebab strategi memasarkan Samosir dan Danau Toba merupakan salah satu bagian penting menjadikan Danau Toba semakin mendunia.