KPU Madina Persiapkan Diri Soal Gugatan PSU 3 TPS Ke MK

KPU Madina menggelar rapat koordinasi persiapan hadapi gugatan PSU di MK/ISt
KPU Madina menggelar rapat koordinasi persiapan hadapi gugatan PSU di MK/ISt

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal (Madina) terus melakukan persiapan terkait munculnya gugatan terhadap hasil pemungutan suara ulang (PSU) yang sudah mereka laksanakan.


Diketahui PSU pada 3 TPS di Madina digugat ke MK oleh pasangan nomor urut 2 Dahlan Hasan Nasution-Aswin. 

Sidang pendahuluan sengketa hasil pemilihan pasca PSU ini dijadwalkan berlangsung pada Rabu (19/5/21) mendatang. 

Pada sisi lain, KPU Madina telah menetapkan pasangan Jakfar Sukhairi Nasution-Atika Azmi Utammi sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, pada Senin (3/5/21). 

 "Hari ini kita lagi rakor persiapan pra sidang di KPU RI, persiapan bukti-bukti untuk diajukan ke MK," kata Ketua KPU Madina Fadhillah Syarief kepada wartawan, Senin (17/5/21). 

Ia menyebutkan, berdasarkan jadwalnya, agenda sidang pendahuluan adalah mendengarkan pembacaan permohonan pemohon. 

Selain Madina, di hari yang sama MK juga dijadwalkan menggelar sidang perdana sidang sengketa Pilkada Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan (Labusel). Seperti halnya Madina, KPU Labuhanbatu dan Labusel juga telah menggelar PSU. Sebanyak 9 TPS di Labuhanbatu telah melaksanakan PSU, sementara di Labusel, ada 16 TPS. 

Pasca rekapitulasi hasil PSU, KPU Labuhanbatu telah menetapkan pasangan Erik Atrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu terpilih. Sementara KPU Labusel telah menetapkan pasangan Edimin-Ahmad Padli sebagai Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan terpilih.