Ketua Komisi A DPRD Sumut: Percepatan Digitalisasi Perlu

Hendro Susanto/RMOLSumut
Hendro Susanto/RMOLSumut

Percepatan digitalisasi menjadi hal yang sangat penting dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu).


Hal ini disampaikan Ketua Komisi A DPRD Sumatera Utara saat berbicara pada Forum Perangkat Daerah dengan Diskominfo Kabupaten/Kota se- Sumut, di Aula Transparansi Dinas Kominfo Sumut, Jalan H M Said Nomor 27 Medan, Selasa (30/3).

"Percepatan digitalisasi sangat perlu untuk pengelolaan informatika, serta komunikasi publik sehingga forum tersebut diharapkan menghasilkan perencanaan yang inovatif," katanya.

Hendro juga mengingatkan kepada peserta forum dalam mengusulkan program kerja perlu adanya sinkronisasi dengan OPD lainnya, dan dalam mengusulkan program kerja lebih kepada inovasi. 

“Program yang tidak layak sebaiknya tidak diusulkan kembali,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Diskominfo Sumut Irman Oemar diwakili Sekretaris Dinas Kominfo Sumut M  Ayub, mengatakan Diskominfo memiliki peran penting untuk mendukung pelaksanaan pembangunan, terutama mempublikasikan program-program yang akan dan telah dilakukan kepada masyarakat. Sehingga keberhasilan pelaksanaan program pembangunan dapat diketahui secara jelas oleh masyarakat sebagai sasaran akhir pembangunan.

“Pelaksanaan pembangunan dikatakan berhasil jika programnya sampai atau bisa dirasakan masyarakat sekali pun tidak dirasakan langsung, paling tidak masyarakat mengetahui program kegiatan tersebut,” ujarnya.

Rencana Kerja Dinas Kominfo Sumut tahun 2022 yang menjadi prioritas dan harus diselaraskan oleh kabupaten/kota yakni Program Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Program Pengelolaan Aplikasi Informatika, dan Program Penyelenggaraan Statistik Sektoral.

Untuk keberhasilan program tersebut, perlu dilakukan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) guna menangani teknologi informasi dan komunikasi, serta pengembangan dan pemberdayaan teknologi informasi dan komunikasi.

“Forum ini kita harapkan mendukung kegiatan daerah maupun nasional yang benar - benar dapat dirasakan masyarakat luas. Kita prioritaskan 2022 tidak ada kegiatan yang tidak terprogram dengan baik,” pungkasnya.