Ketua Komisi A Desak Diskominfo Segera Publik Tim Seleksi Calon Komisioner KI Sumut

Hendro Susanto/RMOLSumut
Hendro Susanto/RMOLSumut

Pengumuman tahapan pendaftaran seleksi calon komisioner Komisi Informasi (KI) Sumatera Utara yang mendahului pengumuman nama-nama anggota Tim Seleksi mendapat perhatian dari kalangan anggota DPRD Sumatera Utara.


Menurut mereka, nama-nama Tim Seleksi seharusnya lebih dulu diumumkan ke publik sebelum pengumuman tahapan pendaftaran seleksi bagi calon peserta.

"Kita mendesak Pemprov Sumut dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatikan (Diskominfo) Sumut agar nama-nama tim seleksi di publis ke publik," kata Ketua Komisi A DPRD Sumut, Hendro Susanto, Senin (17/5/2021).

Politisi PKS ini menjelaskan, tugas melakukan seleksi terhadap para calon peserta yang mendaftar merupakan tugas yang nantinya akan dilaksanakan oleh Tim Seleksi. Karena itu, sangat ironis jika tim itu belum diketahui namun warga yang berminat menjadi anggota KI Sumut sudah disuruh mendaftar.

"Tim seleksi yang nantinya menyeleksi nama-nama calon pendaftar yang masuk. Nama-nama tim seleksi ini kan bisa diumumkan di portalnya Kominfo Sumut," ungkapnya.

Ia menambahkan, pembentukan Tim Seleksi KI memang berada pada ranah Pemprov Sumut dimana sesuai aturan tim ini nantinya diisi oleh perwakilan dari berbagai elemen masyarakat mulai dari kalangan pemerintah, kalangan praktisi, akademisi, hingga tokoh masyarakat tokoh masyarakat.

"Karena itu kita mendesak agar tim itu segera dipublis," demikian Hendro Susanto.