Ketua DPD RI: Ibu Rachmawati Memiliki Sumbangsih Yang Besar Untuk Bangsa Dan Negara

Ucapan duka dari Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti/Ist
Ucapan duka dari Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti/Ist

 Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengungkapkan duka cita yang mendalam atas meninggalnya tokoh bangsa, Rachmawati Soekarnoputri, yang juga adik kandung Ketua Umum PDIP Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.


Putri dari mantan Presiden Soekarno itu meninggal duni, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Sabtu pagi (3/7/2021), sekitar pukul 06.20 WIB, akibat sakit yang dideritanya.

"Duka cita yang mendalam saya sampaikan kepada keluarga besar mantan Presiden Soekarno atas berpulangnya Rachmawati Soekarnoputri. Semoga semua amal ibadahnya diterima Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," tutur LaNyalla.

Menurut LaNyalla, Rachmawati Soekarnoputri memiliki sumbangsih yang besar untuk bangsa dan negara.

"Sebagai politikus, beliau kerap memberikan kritikan dan masukan. Namun jangan lupakan juga kiprahnya di dunia pendidikan dengan mendirikan Universitas Bung Karno. Bagaimana pun, Ibu Rachmawati Soekarnoputri telah mengambil perannya di negara ini," tutur Senator asal Jawa Timur itu.

Rachmawati memiliki nama panjang Diah Pramana Rachmawati Soekarnoputri. Ia lahir di Jakarta, 27 September 1950.

Rachmawati merupakan anak ketiga dari lima bersaudara dari pasangan Presiden Soekarno dan Fatmawati.

Rachmawati adalah adik dari Guntur Sukarnoputra dan Megawati Sukarnoputri. Dia merupakan kakak untuk Sukmawati Sukarnoputri dan Guruh Sukarnoputra.

Di kancah pendidikan, Rachmawati Soekarnoputri dikenal sebagai pendiri Universitas Bung Karno (UBK).

Sementara di dunia politik, dia pernah mendirikan Partai Pelopor sekaligus menjabat sebagai ketua umum. Dalam perjalanannya, Rachmawati juga pernah bergabung dalam Partai Nasdem, dan Partai Gerindra sejak 2015 sampai sekarang.