Ketua DPC PA GMNI Deli Serdang: Mahasiswa Agar Konsisten di Jalur Gerakan Moral

Oki TM Bangun/Ist
Oki TM Bangun/Ist

Aksi mahasiswa yang turun ke jalan harus diapresiasi, sebab hal tersebut menjadi bagian dari fungsi kontrol sosial kaum intelektual atas jalannya pemerintahan.


Hal ini disampaikan Ketua PA GMNI Kabupaten Deli Serdang, Oki TM Bangun terkait aksi berbagai aksi yang dilakukan oleh mahasiswa dalam dua hari terakhir ini.

"Aksi mahasiswa turun ke jalan selayaknya diapresiasi karena fungsi kontrol kaum intelektual terhadap berjalannya fungsi negara mencapai kesejahteraan rakyat memang demikianlah mestinya," katanya, Rabu (13/4/2022).

Hanya saja kata Oki, mahasiswa juga hendaknya tetap konsisten di jalur moral. Ia melihat konstalasi isu yang dibangun seharusnya tidak melenceng dari upaya mengawal pemerintah dalam pemulihan ekonomi.

"Melihat konstalasi isu yang bergesekan dengan kepentingan elit pada 2024, maka kita berharap adek-adek mahasiswa konsisten dijalur gerakan moral. Isu terkait monopoli kebutuhan sembako oleh oligarki yang kerap disebut pemburu rente serta kebijakn PPN yang memberatkan banyak sektor ekonomi saat pemerintah sedang fokus pada program pemulihan ekonomi nasional, merupakan tanggung jawab moral kaum intektual mengawalnya," ujarnya.

Diketahui aksi unjuk rasa mahasiswa dalam dua hari terakhir menjadi sorotan publik. Sebab, isu yang digaungkan masih seputar penolakan terhadap wacana penundaan pemilu 2024 dan juga menolak perpanjangan masa jabatan presiden. Padahal, presiden Joko Widodo sudah menegaskan bahwa dirinya taat konstitusi dan memastikan pemilu tersebut akan dilaksanakan tepat waktu. Hal ini memunculkan berbagai spekulasi bahwa aksi unjuk rasa tersebut ditunggangi oleh elit politik yang memiliki kepentingan langsung terhadap pemilu tersebut.