Kesawan Dan Gedung Warenhuis Jadi Alternatif Relokasi Merdeka Walk

Pusat kuliner Merdeka Walk pada sisi Barat Lapangan Merdeka, Medan/Net
Pusat kuliner Merdeka Walk pada sisi Barat Lapangan Merdeka, Medan/Net

Pemerintah Kota Medan berencana untuk merelokasi pusat kuliner Merdeka Walk yang berada di sisi Barat Lapangan Merdeka, Medan.


Rencana relokasi ini seiring upaya untuk mengembalikan fungsi Lapangan Merdeka menjadi ruang terbuka hijau.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan ada dua alternatif yang sedang dijajaki sebagai tempat relokasi yakni kawasan Kesawan dan Gedung Warenhuis. Dari dua alternatif tersebut, relokasi ke Gedung Warenhuis menurutnya relatif lebih mudah dilakukan mengingat statusnya yang merupakan aset Pemko Medan.

"Tentunya sejauh ini masih kita pikirkan di Kesawan dan kawasan Warenhuis, kita coba komunikasikan, karena tantangan kami gedung-gedung disitu kan bukan milik pemerintah, hanya warenhuisnya saja, bangunan disepanjang kesawan itu kan milik privat. Jadi kita komunikasikan, kita mengajak lah," ujar kepada wartawan, Selasa (14/9/2021).

Bukan hanya pedagang kuliner yang ada di Merdeka Walk, pedagang buku di sisi timur Lapangan Merdeka juga akan direlokasi ketika penataan dilakukan.

"Pokoknya apapun yang kita lakukan gak mungkin kita korbankan. Sudah kita pikirkan, pedagang bukunya nanti begitu kita revitalisasi ada tempat khusus yang kita siapkan," jelasnya.

Saat fungsi Lapangan Merdeka Medan sudah kembali seperti semula, Bobby ingin memanfaatkan lokasi tersebut untuk menggelar berbagai kegiatan. Jadi bukan hanya dipakai masyarakat untuk berolahraga.

"Mudah-mudahan covid kita ini bisa kita terus menerus landai sampai beberapa tahun kedepan, bisa dibuat pagelaran seni budaya atau lain-lain bisa dipusatkan disana. Itu terus dipikirkan konsepnya, kita baru rapat mengenai hal itu," pungkasnya.