Kepala BKD: Pemprov Sumut Dan 8 Pemda Tidak Buka Penerimaan CPNS Tahun 2021

Faisal Arif Nasution/Net
Faisal Arif Nasution/Net

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dan 8 pemerintah daerah tidak melakukan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021. 


Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumatera Utara, Faisal Arif Nasution mengatakan Pemprovsu hanya akan melakukan penerimaan tenaga honorer guru dengan sistem Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kinerja (PPPK).

""Hanya untuk PPPK saja. Kalau CPNS Provsu tidak ada pengadaan tahun ini. Sebab tahun lalu (2020) kita tidak masukkan di e-Formasi karena ada analisis jabatan dan analisis beban kerja yang belum terpenuhi karena ada nomenklatur baru," jelas Faisal Arif.

Data yang diperoleh, 8 Pemkab/Pemko di Sumut, yang tidak membuka penerimaan CPNS tahun ini. Kedelapan Pemda itu adalah Pemko Gunungsitoli, Pemkab Pakpak Bharat, Pemkab Dairi, Pemkab Labuhanbatu Utara, Pemkab Tapanuli Selatan, Pemko Sibolga, Pemko Tanjungbalai, dan Pemkab Simalungun.

Terkait pendaftaran PPK 2021, ia menyebut masih menunggu petunjuk dari BKN pusat melalui BKN Regional IV Medan. Pemprov Sumut menurutnya membukan kuota 10.991 formasi guru PPPK. Mereka yang berhak mengikuti adalah guru honorer tingkat SMA dan SMK.

"Sampai dengan saat ini informasi yang saya dapatkan dari Kanreg BKN Medan, Panselnas (Panitia Seleksi Nasional) belum memutuskan tentang jadwal dan tahapan seleksi PPPK. Prediksi mereka tahapan dan seleksi PPPK akan diumumkan secara resmi oleh Panselnas hari Jumat lusa," pungkasnya.