Kenali Jenis-Jenis Asuransi Ini agar Sesuai dengan Kebutuhan

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Istilah asuransi mengacu pada penyedia layanan jasa yang diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin memiliki jaminan terhadap risiko kerugian yang dialami dalam hidupnya.


Kerugian ini bisa seperti dana pensiun dan finansial, kerusakan kendaraan akibat kecelakaan, pencurian, dan sebagainya, kesehatan, pendidikan, dan investasi.

Sebelum memulai kerja sama dengan perusahaan asuransi, kamu sebagai nasabah akan diperlihatkan terlebih dahulu mengenai hak dan kewajibannya yang tertuang dalam sebuah kontrak kerja sama atau perjanjian antara nasabah dan pihak perusahaan. Bukti kontrak ini disebut juga dengan polis.

Manfaat Asuransi yang Bisa Memenuhi Kebutuhan

Umumnya, asuransi dapat memberikan banyak manfaat bagi orang-orang. Hanya saja, banyak yang tidak menyadari hal ini karena pemahaman terhadap asuransi masih sangat minim di Indonesia. 

Manfaat yang bisa kamu dapatkan apabila menggunakan jasa asuransi:

1. Melindungi kesehatan fisik dan jiwa akibat kecelakaan

2. Melindungi pendapatan dari risiko yang mungkin saja akan datang

3. Melindungi keluarga ketika kematian

4. Memberikan perlindungan terhadap investasi

5. Melindungi uang yang disimpan untuk mewujudkan masa depan

Jenis-Jenis Asuransi

1. Asuransi Kesehatan

Jika kamu mendengar asuransi, maka akan tidak jauh-jauh dari yang namanya asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan ialah salah satu pilihan asuransi yang paling  laku serta populer.

Dengan menggunakan layanan asuransi ini, segala jenis biaya pengobatan kamu akan ditanggung oleh pihak perusahaan. Jenis penyakitnya sendiri memiliki beberapa ketentuan, seperti, cacat, sakit, hingga kematian.

Salah satu perusahaan yang menyediakan jenis produk kesehatan ada PT Asuransi Jiwa Sequis Life di Lifepal. Pilihan polis Sequis Financial di Lifepal dibagi menjadi dua kategori, yaitu asuransi jiwa dan kesehatan.

2. Asuransi Kendaraan

Ketika mobil atau motor kita mendapatkan kerusakan akibat kecelakaan atau pencurian, pasti rasa khawatir muncul karena memikirkan seberapa banyak tanggungan yang harus dibayar akibat kerusakan tersebut.

Dengan memanfaatkan asuransi kendaraan, kamu tidak perlu khawatir lagi karena pihak perusahaan akan memberikan proteksi serta tanggungan biaya apabila akan terjadi kerusakan di masa depan.

Selain itu, asuransi kendaraan akan membuat nilai harga jual kamu akan makin bersaing. Salah satu contoh perusahaan yang memberikan layanan asuransi kendaraan adalah Asuransi AXA Mandiri.

3. Asuransi Pendidikan

Mempersiapkan dana untuk pendidikan anak di masa depan sejak dini, mengapa tidak? Kamu bisa menggunakan layanan asuransi untuk memberikan keuntungan dengan memproteksi dana pendidikan.

Ada dua jenis asuransi pendidikan, yaitu asuransi unit link dan dwiguna. Asuransi unit link merupakan asuransi dengan gabungan antara asuransi jiwa dan investasi, sedangkan asuransi dwiguna adalah produk gabungan antara asuransi jiwa yang dikombinasi dengan instrumen pasar seperti deposito.

4. Asuransi Korporasi

Asuransi jenis ini menawarkan proteksi terhadap karyawan perusahaan suatu korporasi. Perusahaan biasanya akan memberikan asuransi kepada karyawan mereka karena sebagai aset berharga untuk mitra perusahaan.

Jenis asuransi korporasi yang paling populer adalah asuransi jiwa kumpulan dan asuransi kesehatan kumpulan. Sistem berlakunya hanya saat karyawan itu masih bekerja di bawah perusahaan yang menawarkan asuransi saja. Jadi, ketika karyawan tersebut sudah keluar, maka asuransi ini tidak akan berlaku lagi.

Salah satu contoh perusahaan yang menawarkan produk asuransi korporasi adalah PT Tokio Marine Life.

Pilihan polis Tokio Marine Life sendiri bermacam-macam dan tidak hanya asuransi korporasi saja, tetapi juga asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan asuransi kesehatan syariah.

5. Asuransi Dana Pensiun

Ketika kamu sudah pensiun atau tidak bekerja lagi, kamu bisa saja tidak menghasilkan uang lagi. Karena itu, dengan menggunakan asuransi dana pensiun, dana kamu di masa depan akan terbantu dan tidak kesusahan.

Asuransi ini akan mempersiapkan tabungan dana di masa yang akan datang. Salah satu contoh perusahaan yang memberikan tawaran jasa ini adalah PT Asuransi Jiwasraya.

6. Asuransi Investasi

Asuransi investasi disebut juga dengan asuransi unit link. Jenis asuransi investasi memberikan manfaat berupa proteksi terhadap uang tunai yang dikembangkan dari dana investasi. Asuransi ini memberikan dua manfaat, yaitu perlindungan dan nilai tunai.

Asuransi yang memberikan manfaat berupa proteksi artinya dengan memberikan jaminan terhadap perlindungan jiwa, kesehatan, dan kecelakaan, sedangkan untuk nilai tunai digunakan untuk membayar premi asuransi ketika polis sudah tidak berpenghasilan.

Contoh perusahaan yang memberikan layanan berupa asuransi investasi adalah Perusahaan Sinar Mas dan PT BRI Asuransi Indonesia.