Ke Nias Selatan, Nawal Lubis Minta Bupati Perhatikan Anggaran PKK

Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis di Nias Selatan/Ist
Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis di Nias Selatan/Ist

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis berharap Pengurus TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa untuk saling  bekerja sama, bersinergi, serta berkolaborasi dengan baik, agar pelaksanaan pembinaan melalui sistem rentang kendali 1-3-6-9-12 berjalan dengan baik.


Hal ini disampaikan Nawal Lubis saat pelaksanaan kegiatan monitoring TP PKK Sumut dalam rangka Hari Kesatuan Gerak  (HKG) PKK di Aula Kantor Bupati Nias Selatan, di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Senin (12/9)

Menurut Nawal Lubis, perkembangan kegiatan PKK telah mengalami perubahan sejak keluarnya Peraturan Presiden Nomor 99 tahun 2017, serta hasil Rakernas IX PKK. Hal ini perlu disikapi semua kader PKK, baik kelembagaan, administrasi dan 10 program pokok PKK.

Untuk itu, katanya, agar program kerja PKK bisa berjalan dengan baik, diharapkan PKK bisa menciptakan jaringan kemitraan yang tidak mengikat dan bermanfaat besar bagi PKK. "Di sini hadir Bapak Kepala Desa dan Bapak Bupati, saya berharap sebagai mitra pemerintah bisa menyisihkan sedikit anggaran untuk suksesnya program PKK, dalam mewujudkan visi misi Kabupaten Nias Selatan," harap Nawal.

Sementara Bupati Nias Selatan Hilarius Duha  mengatakan, PKK sebagai mitra pemerintah  dalam mendukung visi misi pembangunan terus akan didukung. "Pemkab Nisel mendukung  PKK melalui APBD.  Walau pandemi Covid-19 melanda, kami tidak lupa untuk turut mendukung PKK melalui anggaran", katanya.

Bupati berharap, kehadiran Tim Monitoring PKK Sumut bisa memberikan masukan dan bimbingan,  serta memotivasi kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Selatan, untuk melaksanakan tugas dan fungsinya dalam menyukseskan 10 program pokok PKK dengan baik.

Ketua TP PKK Nias Selatan Yustina Refi dalam laporannya menyampaikan, Nias Selatan memiliki 35 kepengurusan TP PKK tingkat kecamatan, serta 459 kepengurusan TP PKK tingkat desa. Walaupun terkendala lokasi yang jauh untuk melakukan pembinaan, PKK Kabupaten tetap memberikan informasi melalui media sosial (WA).

“Kami berharap kehadiran tim monitoring ini akan memberi motivasi bagi semua kader TP PKK Nias Selatan, agar semakin bertanggung jawab dalam menjalankan tugas yang diberikan, terutama dalam menyukseskan 10 Program Pokok PKK,” ungkapnya.

Turut hadir Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, Sekda  Nias Selatan Ikhtiar Duha, Ketua I TP PKK Nias Selatan Katarina,  Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut Suherman, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Hendra Dermawan Siregar, Sekretaris TP PKK Sumut Reza Lubis beserta pengurus.