Kapolri Pakai Mobil Listrik jadi Kendaraan Dinas di KTT G20 Bali

Mobil listrik yang digunakan Kapolri di KTT G20 Bali/Ist
Mobil listrik yang digunakan Kapolri di KTT G20 Bali/Ist

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendapat kesempatan menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinas dalam pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, pada Senin (14/11/2022).


Penggunaan mobil listrik sebagai kendaraan dinas juga telah diinstruksikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Inpres Nomor 7 tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah.

Mobil listrik yang digunakan orang nomor satu di Korps Bhayangkara adalah merek Hyundai tipe Ionic 5 berwarna hitam. Jenderal Listyo Sigit Prabowo langsung menggunakan mobil ramah lingkungan itu, seusai menghadiri HUT ke-77 Brimob di kawasan ITDC, Nusa Dua, Bali.

Ulang tahun Korps Brigade Mobil, berlangsung sederhana dengan memotong tumpeng. Pasalnya, Polri saat ini tengah fokus dalam rangka pengamanan KTT G20.

“Disela-sela kegiatan PAM KTT G20, kita tetap melaksanakan hari ulang tahun Brimob secara sederhana. Kita berdoa bersama agar Brimob khususnya sukses dalam pengamanan KTT G20 dan tentunya ke depan Brimob akan semakin jaya dan semakin hebat dalam berbakti untuk negeri,” pungkasnya.

“Saya ucapkan selamat hari ulang tahun ke-77 untuk Brimob. Brigade jiwa ragamu untuk kemanusiaan,” tegas Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Terkait penggunaan mobil listrik oleh Kapolri sebagai kendaraan dinas, Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo menyatakan, bahwa hal tersebut sebagai wujud dukungan Polri untuk menunjukkan keseriusan Indonesia dalam berupaya mencapai nol emisi karbon dan mendukung penggunaan green energy.

“Ini dalam upaya mendukung penyelenggaraan KTT G20 di Bali yang dalam pelaksanaan operasional menggunakan mobil listrik, dan juga sebagai wujud mendukung energi ramah lingkungan,” ujarnya.

Untuk diketahui, dalam pertemuan pimpinan dunia pada KTT G20 menjadi awal konversi mobil listrik di Indonesia. Setidaknya ada 616 unit kendaraan listrik yang akan dioperasikan selama KTT G20 digelar 15-16 November 2022. PLN menjelaskan 123 unit berupa Genesis G80 untuk tamu VVIP, 246 Hyundai Ioniq buat para delegasi, 124 unit Hyundai Ioniq buat leadcar, dan 123 unit Lexus UX300e untuk pengamanan.

Polri menyiapkan 176 kendaraan listrik yang terdiri dari 88 unit kendaraan roda empat dan 88 unit kendaraan roda dua.