Kapolda Jatim Nico Afinta Dicopot Digantikan Irjen Teddy Minahasa

Irjen Nico Afinta/Net
Irjen Nico Afinta/Net

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi terhadap Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta Karokaro.


Mutasi ini tercantum dalam Surat Telegram Nomor: ST/2134/X/Kep/2022 dimana Nico Afinta dimutasi pada jabatan baru Sahlisosbud Kapolri.

Untuk mengisi jabatan Kapolda Jawa Timur, Kapolri menunjuk Irjen Pol Teddy Minahasa yang sebelumnya menjabat Kapolda Sumatera Barat. Selanjutnya Kapolda Sumatera Barat dijabat oleh Irjen Rusdi Hartono.

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan mutasi pada tubuh Polri merupakan hal biasa sebagai bagian dari penyegaran struktur organisasi.

"Iya betul tour of duty dan tour area. Mutasi ditujukan demi meningkatkan kerja organisasi," katanya kepada wartawan, Senin (10/10/2022).

Selain Nico Afinta dalam telegram yang sama beberapa perwira tinggi Polri juga dimutasi diantaranya Brigjen Pol Asep Edi Suheri yang diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakabareskrim Polri.

Diketahui desakan untuk mencopot Nico Afinta muncul pasca peristiwa kerusuhan di Stadion Kanjuruhan yang menewaskan ratusan korban. Desakan ini muncul dari berbagai kalangan karena menilai Kapolda Jawa Timur harus bertanggungjawab dalam peristiwa tersebut.