KAMMI Sumut: Direksi Bank Sumut Sebaiknya Dari Internal Dan Bukan Titipan Politik

Akhir Rangkuti/Ist
Akhir Rangkuti/Ist

Kalangan mahasiswa mendesak agar Edy Rahmayadi menunjuk calon Dirut PT. Bank Sumut dari kalangan internal perusahaan.


 Usulan tersebut disampaikan oleh ketua Umum Pengurus Wilayah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Sumut, Akhir Rangkuti.

Menurutnya hal ini agar pimpinan yang baru bisa langsung melanjutkan program kerja perusahaan yang sempat tertunda.

"Jika dipimpin orang luar, Bank Sumut akan sarat dengan kepentingan politik penguasa sehingga membuat Bank Sumut gagal melakukan transformasi," katanya, Selasa (11/1/2022).

Sebelum menunjuk direksi yang baru, PW KAMMI Sumut meminta Edy Rahmayadi membuka diskusi dengan Stake Holder terkait calon direktur baru perusahaan. Hal ini menurutnya penting agar terjadi sinergi antara pekerja dan direksi untuk menuntaskan program transformasi di Bank Sumut.

"Direksi yang baru nanti diharapkan bisa menciptakan dan menjadikan Bank Kebanggaan masyarakat Sumatera Utara ini sebagai perusahaan kelas dunia yang profesional dan bersih dari titipan politik ," Ujarnya

Sebelumnya, Rapat Umum Pemegang Saham yang akan dilaksanakan dikhawatirkan akan menunjuk para calon Direksi dari luar Bank Sumut. Sehingga berpotensi besar Bank ini akan politis dan tidak mandiri dalam mengambil langkah-langkah kedepan.

"Kami juga mendesak Kepala OJK Perwakilan Sumatera Utara, Untuk Profesional dalam melaksanakan seleksi yang bebas dari tekanan politik dari pihak yang punya kepentingan dalam penentuan Direksi Bank Sumut. Para Kepala Daerah Sebagai Pemegang Saham harus selektif dalam pengusulan, DPRD Sumut  Komisi C juga harus aktif menggunakan fungsi Pengawasannya agar Bank Sumut lebih baik kedepannya," pungkasnya.