Kabar Duka Menyelimuti USU, Dekan FISIP Drs Hendra Harahap Berpulang

Hendra Harahap (batik merah) bersama Managing Partner DDTC Darussalam berfoto bersama setelah menandatangani perjanjian kerja sama pendidikan beberapa waktu lalu/Net
Hendra Harahap (batik merah) bersama Managing Partner DDTC Darussalam berfoto bersama setelah menandatangani perjanjian kerja sama pendidikan beberapa waktu lalu/Net

Kabar duka datang dari lingkungan civitas akademika Universitas Sumatera Utara (USU).


Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Drs Hendra Harahap, Ph.D meninggal dunia, Jumat (20/5/2022).

Informasi yang diperoleh menyebutkan, sosok akademisi yang memiliki hobby olah raga ini dilarikan ke RS USU setelah tiba-tiba tidak sadarkan diri saat bermain sepak bola di Lapangan FISIP USU.

“Inna Illahi wa Inna Ilaihi raaji’un. Telah berpulang kerahmatullah, Drs. Hendra Harahap, Ph.D, (Dekan FISIP USU), Kamis, 20 Mei 2022 pukul 20.06 Wib di RS USU. Mari kita doakan semoga almarhum diterima amal ibadahnya, diampuni dosanya dan ditempatkan sebaik-baiknya oleh Allah SWT. Keluarga yang ditinggalkan sabar dan tetap berdoa. Amin Ya Rabbal’alamin,” demikian kabar duka yang diterima redaksi dari Wakil Rektor II USU, Muhammad Arifin Harahap, S.Sos, M.SP. sesaat lalu.

Saat ini Jenazah Hendra Harahap disemayamkan di rumah duka Jl. Eka Rasmi, Komplek Taman Eka Asri, Medan Johor. Ungkapan belasungkawa bermunculan atas berpulangnya sosok yang sangat periang tersebut.

Hendra Harahap merupakan sosok dosen yang dikenal sangat mudah akrab dengan berbagai kalangan masyarakat. Ia pernah menjadi salah satu dari panelis pada Pilgubsu 2018 lalu.

Pengabdian kepada masyarakat ditunjukkannya dengan membentuk berbagai lembaga pendamping. Salah satunya yakni dengan menginisiasi berdirinya Pusat Kajian Agraria dan Hak Asasi Petani (PUSKAHAP) pada tahun 2017 lalu.

Kegiatan terbaru yang diinisiasinya yakni penyelenggaraan  International Conference on Social and Political Development (ICOSOP) yang ke-4 dengan tajuk “Human Security and Agile Government”. Kegiatan tersebut berlangsung di Aston Hotel Medan pada Rabu, (18/05/2022). 

Konferensi ICOSOP 2022 ini membahas tentang bagaimana cara mengadapi ancaman dan keberlangsungan manusia. Selain itu, juga membahas bagaimana pemerintah dapat adaptif dan cepat tanggap untuk mengatasi hal tersebut. 

“Bidang-bidang yang akan dibahas dalam konferensi ini khususnya tentang bagaiamana pemerintah harus berubah dengan cepat menjadi pemerintahan yang adaptif sehingga mampu menanggulangi dalam jangka waktu yang cepat persoalan-persoalan yang mengancam kehidupan manusia, baik menyangkut kesehatan, pangan, ancaman peperangan, dan bencana alam,” katanya saat pembukaan acara tersebut kemarin.

Selamat jalan bang Hendra Harahap…!