Jokowi Segera Umumkan Kenaikan BBM, Ribuan Buruh Ancam Demo Besar-besaran

 Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo

 Rencana pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada pekan depan dikecam berbagai elemen masyarakat, termasuk buruh.


Ribuan buruh dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) dan elemen lainnya akan berdemonstrasi apabila BBM dinaikkan oleh Presiden Joko Widodo.

“(KASBI) Turun ke jalan bersama-sama dengan berbagai elemen,” kata Ketua KASBI, Nining Elitos kepada Kantor Berita Politik RMOL beberapa saat lalu di Jakarta, Sabtu (20/8).

Menurut Nining, kenaikan harga BBM sama saja mengabaikan rakyat dan hanya demi kepentingan segelintir orang. Hal itu terbukti ketika rakyat dibebankan pajak, upah rendah, PHK, hingga perampasan tanah secara paksa di berbagai wilayah.  

“Omnibus Law 'UU Cilaka', pencabutan subsidi untuk rakyat, UU P3, RKUHP. Kini kenaikan BBM?” sesalnya.

“Karpet merah bagi kaum pemodal terus diberikan, penderitaan dan beban diberikan kepada rakyat,” pungkas Nining.

Presiden Joko Widodo dikabarkan akan mengumumkan tarif baru kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada peka depan.

Dikatakan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kenaikan harga BBM subsidi itu berlaku untuk jenis solar dan pertalite.

"Mungkin minggu depan presiden akan mengumumkan mengenai apa dan bagaimana mengenai kenaikan harga ini," ujar Luhut dalam kuliah umum di Universitas Hasanudin, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (18/7).