Jokowi Lepas 28 Atlet Indonesia Ke Olimpiade Tokyo

Pelepasan Atlet Olimpiade/Net
Pelepasan Atlet Olimpiade/Net

Hari ini, Presiden Joko Widodo resmi melepas atlet-atlet Indonesia dari berbagai cabang olahraga untuk diberangkatkan ke Tokyo, Jepang.


"Saya telah memperoleh laporan, tadi disampaikan juga oleh Pak Menpora, bahwa yang berangkat adalah 28 atlet, 17 ofisial, dari 8 cabang olahraga," ujar Jokowi dalam upacara pelepasan yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden dari Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (8/7).

28 Atlet yang berangkat ke Tokyo merupakan atlet untuk cabang olahraga atletik, panahan, rowing, menembak, bulu tangkis, angkat besi, renang, dan selancar.

"(Mereka) sudah sepenuhnya siap bertanding secara sportif dan berpotensi meraih medali juara. Dan saya yakin insyaallah perjuangan Saudara-saudara akan membuahkan hasil," imbuh Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini berpesan kepada seluruh atlet yang akan bertanding untuk menjaga kesehatan, stamina, motivasi, dan fokus pada pertandingan dan prestasi.

"Rakyat menaruh harapan besar kepada Saudara-saudara dan prestasi Saudara-saudara akan menjadi prestasi negara kita Indonesia," demikian Joko Widodo.

Acara pelepasan tim Indonesia ke Olimpiade Tokyo ini dilakukan secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Acara ini dihadiri baik secara langsung maupun virtual oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman, Chef de Mission Kontingen Indonesia Rosan P Roeslani, serta para atlet, ofisial, dan ketua umum induk organisasi cabang olahraga yang akan diberangkatkan ke Olimpiade Tokyo Tahun 2021.