Jokowi Lantik Zulhas dan Hadi Tjahjanto Jadi Menteri

Pelantikan Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto jadi menteri/net
Pelantikan Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto jadi menteri/net

Pelantikan menteri yang direshuffle Presiden Joko Widodo resmi digelar di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu siang (15/6/2022).


Melalui Keputusan Presiden (Keppres) 64/P/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Kabinet Indonesia Maju, ada dua orang menteri yang diberhentikan.

Mereka ialah Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan, dan Sofyan Djalil dari kursi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Sebagai penggantinya, Jokowi mengangkat Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan, dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN.

Dalam pelantikan ini Jokowi memimpin langsung pengucapan sumpah jabatan Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto sebagai menteri.

"Bahwa saya akan setia kepada UUD NRI 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya ekpada bangsa dan negara," ujar Jokowi memandu sumpah.

"Bahwa saya, dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," sambung Jokowi dalam pengucapan sumpah jabatan yang diikuti para menteri yang dilantik.

Dalam momen ini turut hadir Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Selanjutnya ada juga Ketum PPP Suharso Monoarfa, dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Turut mendampingi Jokowi Menteri Koordintaor Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Sekretaris Negara Pratikno.