Jadi Tamu Kehormatan, KBRI Caracas Promosikan Pariwisata Indonesia di Venezuela

 Venezuela (FITVEN) 2021/Repro
Venezuela (FITVEN) 2021/Repro

KBRI Caracas ikut ambil bagian dalam Festival Pariwisata Internasional Venezuela (FITVEN) 2021 yang digelar pada tanggal 14 hingga 16 Desember 2021.


Kesempatan itu dimanfaatkan oleh pihak KBRI untuk mempromosikan kekayaan destinasi wisata Indonesia yang menarik untuk dikunjungi.

Pada ajang ini, KBRI Caracas merupakan undangan kehormatan. Pada FITVEN 2021 yang utamanya diikuti oleh para operator pariwisata di Venezuela tersebut, KBRI Caracas aktif dalam memberikan informasi mengenai destinasi pariwisata di Indonesia, salah satunya adalah Bali.

Walaupun saat ini pembukaan Bali masih bersifat terbatas, namun diharapakan kegiatan promosi ini dapat mempersiapkan para operator pariwisata di Venezuela untuk menjual paket-paket perjalanan ke Indonesia pada saat Indonesia kembali membuka pintunya secara luas.

“Partisipasi KBRI Caracas dalam promosi pariwisata merupakan bagian dari usaha KBRI Caracas untuk memulihkan kembali sektor pariwisata Indonesia yang terkena dampak dari pandemi Covid-19," kata Dutabesar RI untuk Caracas, Imam Edy Mulyono pada kesempatan tersebut, sebagaikaman keterangan yang diterima redaksi.

Bukan hanya itu, partisipasi Indonesia ini juga dilakukan untuk meningkatkan citra Indonesia di Venezuela.

“Promosi ini juga dilakukan untuk meningkatkan citra serta pengetahuan masyarakat Venezuela terhadap Indonesia, serta hubungan dengan Pemerintah Venezuela mengingat Indonesia kali ini berpartisipasi sebagai tamu kehormatan (guest of honor)," sambungnya.

Salah satu momen menarik yang terjadi pada kegiatan tersebut adalah saat Menteri Pariwisata Venezuela Ali Padron secara khusus menyambangi stand Indonesia.

“Indonesia merupakan negara sahabat Venezuela sehingga kami sangat terhormat akan partisipasi Indonesia pada FITVEN 2021. Saya juga mengetahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan biodiversity terbesar di dunia, sehingga saya sangat ingin untuk dapat berkunjung ke Indonesia dalam waktu beberapa bulan ke depan," ujar Padron.

Sebagai bagian dari antisipasi pembukaan kembali Indonesia untuk menerima wisatawan mancanegara, KBRI Caracas juga mempromosikan protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan di bidang pariwisata yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata Indonesia melalui program Indonesia Care. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan para wisman yang memiliki rencana untuk berkunjung ke Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Venezuela saat ini masih mengalami krisis ekonomi yang ditunjukkan melalui tingginya tingkat inflasi. Namun, penerbangan internasional dari dan ke Venezuela masih memiliki tingkat okupansi yang sangat tinggi. Oleh karena itu, promosi pariwisata Indonesia kiranya tetap perlu untuk dilakukan guna menjadikan Indonesia sebagai salah satu alternatif tujuan para wisman asal Venezuela.