ITM Ditutup, LLDIkti Sumut Fasilitasi Pemindahan Mahasiswa

Prof Ibnu Hajar Damanik/ist
Prof Ibnu Hajar Damanik/ist

Pihak Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Sumatera Utara memastikan akan membantu kemudahan pindah bagi mahasiswa Institut Teknologi Medan (ITM) ke perguruan tinggi lain pasca penutupan operasional kampus tersebut oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ristekdikti).


Kepala LLDikti Sumut, Prof Ibnu Hajar Damanik mengatakan saat ini ratusan mahasiswa ITM sedang dalam proses pemindahan ke kampus lain di Sumatera Utara. 

"Pindah sesuai dengan program studi yang sesuai di perguruan tinggi swasta yang ada," katanya, Selasa (26/10/2021).

Ibnu Hajar menjelaskan, saat ini sekitar 200 mahasiswa ITM sudah mereka fasilitasi pemindahannya dengan memastikan pengurusan dokumen yang dibutuhkan dengan mudah diperoleh oleh sang mahasiswa. 

"Kita keluarkan surat keterangan pindah, bersamaan dengan itu kita ikutkan transkrip yang ada di pangkalan data," ungkapnya.

Yang pasti kata Ibnu, proses pemindahan mahasiswa tidak boleh terganggu terkait ditutupnya ITM. Hanya saja, mahasiswa yang akan pindah harus terlebih dahulu menunjukkan bukti-bukti capaiannya pada kampus ITM dan menandatangani pakta integritas yang menyatakan data tersebut benar.

"Kita gak mau begitu dia pindah ada kebohongan data, dengan membawa surat itu dengan lampiran tiga dia sudah bisa pindah. Saya sudah komunikasi dengan rektor-rektor yang ada prodi di PTS kita," demikian Prof Ibnu Hajar Damanik.