Iskandar ST: Penyusunan Bacaleg NasDem Sumut Sudah 70 Persen

Ketua DPW NasDem Sumut, Iskandar ST/RMOLSumut
Ketua DPW NasDem Sumut, Iskandar ST/RMOLSumut

Partai NasDem Sumatera Utara sudah melakukan persiapan penyusunan nama-nama bakal calon legislatif (bacaleg) yang akan diajukan untuk Pemilu 2024 mendatang.


Meski masa pendaftaran masih lama yakni Mei 2023, namun sejauh ini persiapan  penyusunan nama tersebut sudah mencapai 70 persen.

Ketua DPW NasDem Sumatera Utara, Iskandar ST mengatakan persiapan 70 persen ini mereka raih sebab persiapannya sudah mereka lakukan sejak tahun lalu.

“Penyusunan caleg di Sumut untuk DPR RI, DPRD Sumatera Utara dan DPRD kabupaten/kota se-Sumut sudah kita lakukan sejak beberapa tahun lalu,” katanya kepada Kantor Berita Politik RMOLSumut, Senin (8/8/2022).

Iskandar menjelaskan, Partai NasDem berkomitmen untuk menempatkan sosok-sosok terbaik untuk diusung sebagai caleg pada Pemilu 2024. Hal ini sesuai dengan misi mereka untuk menjadi partai pemenang pada agenda politik 5 tahunan tersebut.

“Tidak melulu hanya untuk memenuhi kuota. Kita sudah mencari caleg berkualitas, dan disetiap dapil itu sudah dipetakan. Hingga sekarang masih tetap dilakukan, dimana kita juga melakukan pencarian bacaleg berkualitas,” ungkapnya.

Ditambahkannya, dalam beberapa waktu belakangan ini beberapa tokoh bergabung dengan NasDem. Nama-nama tersebut menurutnya akan masuk dalam proses evaluasi terlebih dahulu sebelum ditetapkan apakah masuk atau tidak daftar bacaleg yang didaftarkan ke KPU nantinya. Sebab, tidak hanya persoalan elektabilitas, namun beberapa kriteria lain juga penting.

“Tidak hanya elektabilitas, loyalitas dan juga moralitas yang bagus. Karena dia nantinya akan membawa nama Partai NasDem,’ pungkasnya.