Indonesia Dipaksa Mundur, Putra Denmark Dominasi Semifinal All England 2021

Viktor Axelsen/Net
Viktor Axelsen/Net

Tim Indonesia yang dipaksa mundur dari All England 2021 sepertinya menjadi berkah tersendiri bagi Denmark khususnya di sektor putra. 


Hal ini terlihat dari dominasi wakil Denmark pada babak semifinal baik di sektor tunggal putra maupun ganda putra. Berdasarkan data pada laman resmi BWF, Denmark menempatkan dua tunggal putra pada babak semifinal yang berlangsung hari ini, Sabtu (20/3) di Arena Birmingham, Inggris. Keduanya yakni Viktor Axelsen dan Anders Antonsen yang akan menjalani partai 'perang saudara'. 

Kemudian pada ganda putra, Denmark juga menempatkan dua pasangan yakni Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dan Jeppe Bay/Lasse Molhede. Kim/Anders akan menghadapi Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dari Jepang, sedangkan Jeppe Bay/Lasse Molhede akan menghadapi Yuta Watanabe/Hiroyuki Endo yang juga dari Jepang.

Jeppe Bay/Lasse Molhede merupakan ganda yang mendapat 'keuntungan' langsung atas mundurnya Indonesia dari ajang ini. Sebab, mereka seharusnya bertemu dengan wakil Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan pada perempat final.  

Kim/Anders juga bisa dikatakan mendapat keuntungan dari kondisi ini. Lawan yang dikalahkan oleh Kim/Anders di babak perempat final yakni Kristo Popov/Toma Junior Popov asal Prancis, merupakan pasangan yang melaju mulus ke perempat final karena urung melawan Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon yang 'disingkirkan paksa' pada babak sebelumnya.

Keuntungan yang didapatkan oleh Kim/Anders tidak berbeda dengan Viktor Axelsen di sektor tunggal putra. Viktor mengalahkan Sitthikom

Thammasih dari Thailand di babak perempat final. Sitthikom sendiri melaju ke babak tersebut karena urung bertemu dengan andalan Indonesia Jonathan Christie.

Diketahui, Kevin/Marcus, Hendra/Ahsan dan Jonathan Christie merupakan tiga wakil Indonesia yang sudah memenangkan pertandingan mereka sebelum kasus tim Indonesia 'dipaksa mundur' terjadi. 

Jonathan Christie mengalahkan Kunlavut Vitidsarn dari Thailand.

Sedangkan Kevin/Marcus yang menjadi unggulan pertama ganda putra mengalahkan Matthew Clare/Ethan Van Leeuwen asal Inggris. Kemudian, Hendra/Ahsan juga menghabisi wakil Inggris Ben Lane/Sena Vendy.

Hal ini sempat memicu munculnya komentar para netizen yang menyebut tim Indonesia dipaksa mundur karena menghabisi wakil tuan rumah. 

Lantas dimana wakil Inggris?. Dari data yang ada hanya satu wakil Inggris yang lolos ke babak semi final yakni Marcus Ellis/Lauren Smith pada sektor ganda campuran. Mereka merupakan unggulan ke empat pada sektor ini.