Hebat, Anak Wartawan Medan Ini Raih Emas Kejurnas Tinju Amatir 2022

Jeremy Sihotang (tengah) bersama orangtuanya Dicky Sihotang (kanan) usai juara di Kejurnas Tinju Amatir 2022/Ist
Jeremy Sihotang (tengah) bersama orangtuanya Dicky Sihotang (kanan) usai juara di Kejurnas Tinju Amatir 2022/Ist

Petinju muda asal Kota Medan, Sumatera Utara, Jeremy Sihotang berhasil meraih medali emas Kejuaraan (Kejurnas) Tinju Amatir Junior – Youth – Elite 2022 yang digelar di GOR Dispora Sumut, Jalan Pancing, Medan, Rabu (10/8/22).


Jeremy yang merupakan anak dari  Dicky Sihotang yang berprofesi seorang wartawan di Kota Medan ini bertanding di kelas 86 kg Elite Putra dan mengalahkan petinju dari Aceh, T Maulana Daffa.

Dari ronde awal pertandingan, Jeremy bermain taktis dengan menerapkan pukulan jab dikombinasi stright serta sesekali uppercut. Kombinasi pukulan ini menghasilkan perolehan angka yang signifikan bagi Jeremy. Apalagi lawannya terlihat seperti kesulitan menembus pertahanan Jeremy yang menerapkan double cover rapat.

Kondisi serupa juga terjadi di ronde kedua pada partai kelas berat Kejurnas Tinju Amatir yang digelar di GOR Futsal Dispora Sumut Jalan Pancing Medan ini.

Sedangkan pada ronde ketiga, terlihat Jeremy yang di semifinal mengalahkan petinju DKI Jakarta Sabda Ahessa mulai mengendorkan serangannya dan lebih menjaga jarak terhadap lawannya. Hingga akhirnya lonceng pertandingan berakhir dibunyikan dan juri memutuskan Jeremy Sihotang keluar sebagai pemenang sekaligus meraih medali emas.

Kepada wartawan seusai pertandingan, Jeremy Sihotang atlet kelahiran Kota Medan ini mengaku sangat senang berhasil mempersembahkan medali emas untuk Kontingen Sumut di Kejurnas Tinju tahun ini. Sebelumnya pada Kejurnas Tinju Amatir 2019 lalu, Jeremy yang bertanding di kelas 69 Kg Youth hanya meraih perunggu.

“Sangat senang bisa dapat medali emas untuk Sumut. Ini semua tidak terlepas dari dukungan orang tua dan hasil latihan di Sasana TNT dan terutama di Pusdiklat Pertina Sumut di Martubung, serta pastinya berkat dari Tuhan,” kata Jeremy.

Tidak merasa puas dengan medali emas Kejurnas, pemuda berusia 19 tahun yang juga memiliki adik seorang atlet tinju Sumut Julian Sihotang ini menargetkan meraih juara pada Porprovsu mendatang.

“Target utama ikut PON 2024, tapi sebelumnya harus menang dulu di Porprovsu tahun ini, mohon doanya,” ujar Jeremy.

Hasil secara keseluruhan Kejurnas Tinju Amatir 2022, tuan rumah Sumatera Utara berhasil keluar sebagai juara umum sekaligus mempertahankan gelar yang diraih 2019 lalu. Sumut mendapatkan 13 emas, 9 perak dan 9 perunggu dengan poin 91, sedangkan DKI Jakarta di tempat kedua dengan memperoleh 11 emas.