Hasil Undian, Atlet Bulutangkis Tunggal Relatif Lebih Mudah Lewati Babak Pertama Olimpiade Tokyo

Anthony Sinisuka Ginting/Net
Anthony Sinisuka Ginting/Net

Undian untuk cabang olah raga bulu tangkis di Olimpiade Tokyo 2020 diumumkan secara resmi oleh federasi bulu tangkis dunia BWF.


Dari hasil pengundian yang dilakukan di National Badminton center, Milton Keynes, Inggris, Kamis (8/7/2021) memperlihatkan para pemain bulu tangkis Indonesia yang pada beberapa undian ditempatkan pada posisi unggulan.

Dari hasil undian ini dapat dikatakan peluang para pemain tunggal untuk lolos dari babak pertama lebih mudah dibanding para pemain yang turun di sektor ganda baik ganda putra, ganda putri maupun ganda campuran.

Pada ganda campuran, pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti berada di grup C yang juga dihuni oleh Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang), Mathias Christiansen/Alexandra Boje (Denmark), dan Simon Wing Hang Leung/Gronya Somerville (Australia). Yuta/Higashino merupakan pasangan yang kerap merepotkan pasangan Indonesia ini saat ini rekor pertemuan mereka berada pada posisi imbang 2-2.

Kemudian pada ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berada di Grup A bersama para pemain tangguh seperti Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan), Ben Lane/Sean Vendy (Inggris), dan Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy. Marcus/Kevin harus waspada mengingat mereka sangat minim pertandingan internasional jelang Olimpiade Tokyo.

Ganda putra Indonesia lainnya Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga akan melakoni pertandingan berat di Grup D yang dihuni Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia), Choi Solgyu/Seo Seungjae (Korea Selatan), dan Jason Anthony Ho-Shue/Nyl Yakura (Kanada). Pasangan Malaysia dan Korea Selatan di grup ini merupakan para pemain muda yang kerap membuat Hendra/Ahsan kerepotan.

Sementara di nomor ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu berada di Grup A yang juga dihuni wakil tuan rumah sekaligus unggulan pertama  Sayaka Hirota/Yuki Fukushima, Chloe Brich/Lauren Smith (Inggris) dan Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (Malaysia). Sayaka/Yuki akan menjadi lawan berat bagi pasangan Indonesia ini, meskipun ada Chloe Brich/Lauren yang tidak dapat dianggap remeh.

Hal yang berbeda terlihat pada hasil undian di nomor tunggal. Hasil undian menempatkan tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, tergabung ke Grup M bersama Lianne Tan (Jerman) dan Thet Htar Thuzar (Myanmar). Kedua nama yang bisa dikatakan kurang populer di pentas bulu tangkis dunia.

Di sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting menghuni Grup J bersama beberapa nama yang juga kurang terkenal di olah raga badminton seperti Gergely Krausz (Hongaria) dan Sergey Sirant (Rusia). Sedangkan Jonatan Christie di Grup G, juga akan menghadapi beberapa pemain dari negara yang tidak memiliki tradisi kuat di badminton seperti Aram Mahmoud (Suriah) dan Loh Kean Yew (Singapura).