Hasil FGD ‘Potret Ekonomi Sumut Terkini’ jadi Masukan PKS untuk Beri Pandangan Akhir PAPBD 2022

Ahmad Hadian pada FGD 'Potret Ekonomi Sumut Terkini' di Fraksi PKS DPRD Sumut/RMOLSumut
Ahmad Hadian pada FGD 'Potret Ekonomi Sumut Terkini' di Fraksi PKS DPRD Sumut/RMOLSumut

Fraksi PKS DPRD Sumatera Utara memiliki tambahan data untuk dianalisis sehingga menjadi kesimpulan yang akan dimasukkan pada pandangan akhir Fraksi tentang PAPBD Sumatera Utara 2022.


Demikian disampaikan Sekretaris Fraksi PKS DPRD Sumatera Utara, H Ahmad Hadian setelah mendengarkan paparan terkait kondisi perekonomian Sumatera Utara saat ini dari pihak Bank Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara dan Kamar Dagang Industri (Kadin) Sumatera Utara pada Fokus Grup Diskusi (FGD) ‘Potret Ekonomi Sumut Terkini’ di Ruang Fraksi PKS DPRD Sumatera Utara, Senin (29/8/2022).

“Banyak sekali data yang kami peroleh terkait seluk-beluk kondisi perekonomian di Sumatera Utara atas pemaparan dari bapak ibu sekalian. Ini jadi penting untuk menjadi bahan kajian yang akan kami tuangkan pada pandangan akhir Fraksi PAPBD Sumut 2022,” katanya.

Hadian mengatakan pemaparan data yang langsung disampaikan oleh para narasumber dari Bank Indonesia, BPS Sumut dan Kadin Sumut memberi gambaran yang jelas mengenai kebutuhan teknis dalam rangka perbaikan ekonomi di Sumatera Utara.

“Kita tadi bisa melihat salah satu misalnya membangun irigasi ternyata tidak semua daerah membutuhkannya secara teknis, namun ada beberapa daerah yang sudah memiliki saran dan justru membutuhkan peningkatan efektifitas penggunaannya. Namun ada di daerah lain yang pembangunanya harus didorong. Hal begini masukan bernas bagi kami,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Fraksi PKS DPRD Sumatera Utara menggelar FGD dengan para stakeholder lain di bidang perekonomian seperti BI, BPS Sumut dan Kadin Sumut. Tiga orang pembicara yakni Deputi BI Sumatera Utara Ibrahim, Aan Willyana dari BPS Sumatera UTara, dan Oki Irawan dari Kadin Sumatera Utara memaparkan data yang mereka miliki terkait kondisi ekonomi dan proyeksi ekonomi kedepan termasuk peluang perbaikan kondisi ekonomi di Sumatera Utara.

Selain mereka seluruh anggota DPRD Sumatera Utara dari Fraksi PKS juga hadir seperti H. Ahmad Hadian, H. Hanafi, Hendro Susanto, H Jumadi, H Dedi Iskandar, H Akhiruddin, H Abdul Rahim Siregar, Hj Hidayah Herlina Gusti. Selain hadir tatap muka, jajaran pengurus DPW PKS juga mengikuti FGD ini secara virtual.