Hari Ini Hadapi Axelsen, Jika Lolos Jonathan Christie Hadapi Lawan Lebih Mudah Di Final Indonesia Open 2021

Jonathan Chrisie dan Viktor Axelsen/Net
Jonathan Chrisie dan Viktor Axelsen/Net

Indonesia menyisakan 3 wakil pada babak semifinal Indonesia Open 2021. Ketiganya yakni Jonathan Christie pada sektor tunggal putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya pada sektor ganda putra dan Greysia Polii/Apriani Rahayu pada sektor ganda putri.


Secara khusus bagi Jonathan 'Jojo' Christie, pertandingan di babak semifinal ini bisa dikatakan lebih berat dibanding jika ia lolos ke babak final. Sebab, lawan yang akan dihadapinya di semifinal adalah raksasa tunggal putra asal Denmark Viktor Axelsen yang berstatus unggulan kedua pada turnamen ini.

Dari sisi peringkat, Axelsen saat lebih baik dari Jojo. Axelsen kini menempati ranking 2 BWF sedangkan Jojo berada di peringkat 8. Selain itu, dari rekor pertemuan Axelsen juga masih unggul. Dari enam pertandingan yang mempertemukan mereka, empat diantaranya dimenangkan oleh Axelsen.

Kondisi ini jelas membuat Axelsen menjadi lawan yang lebih berat dibandingkan dengan Loh Kean Yew asal Singapura maupun Rasmus Gemke asal Denmark yang pada pertandingan lain akan saling berebut tiket final. Loh Kean Yew saat ini menghuni peringkat 26 BWF sedangkan Gemke ada di urutan 13 BWF.

Pada pertandingan lain, Marcus/Kevin akan menghadapi wakil India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty pada semifinal ganda putra. Dari sisi rekor pertemuan, Marcus/Kevin berada diatas angin dimana dari 9 pertemuan mereka, ganda India selalu kalah. Namun, belajar dari partai final Indonesia Master 2021, Marcus/Kevin tidak boleh jumawa. Pada final tersebut Marcus/Kevin kalah dari Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang sebelumnya selalu mereka kalahkan dalam 10 pertemuan.

Wakil Indonesia lainnya, Greysia Polii/Apriani Rahayu akan bertemua wakil Thailand Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai. Sejauh ini, dua ganda ini telah berjumpa sebanyak tujuh pertemuan. Dari catatan itu, Greysia/Apriyani unggul telak 6-1.