Harbolnas H-10 Sampai H-6 Lebaran, Pemerintah Beri Subsidi Ongkir

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/Dok
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/Dok

Pemerintah akan menggelar Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) menjelang lebaran tahun ini. Dalam ajang ini, disiapkan subsidi ongkos kirim hingga Rp 500 miliar bagi mereka yang membeli produk-produk dalam negeri.


Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, momentum Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri tahun ini akan dimaanfaatkan  pemerintah untuk menggenjot daya beli dan konsumsi masyarakat.

Pemerintah akan bekerja sama dengan asosiasi, platform digital, pelaku UMKM, produsen lokal, dan pelaku logistik untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional.

“Pemerintah akan menggelar Harbolnas Ramadan selama 5 hari, dari H-10 sampai H-6 Hari Raya Idul Fitri," ujar Airlangga melalui akun Twitternya, seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (16/4).

Demi menarik minat masyakarat berbelanja daring, pada ajang Harbolnas ini disiapkan subsidi ongkos kirim khusus bagi pembelian  produk-produk yang dihasilkan atau dijual oleh orang-orang Indonesia.

"Pemerintah menyiapkan anggaran Rp500 miliar dalam bentuk subsidi ongkos kirim dan produk yang diutamakan adalah produk-produk dalam negeri," papar Airlangga.

Menko Perekonomian berharap, melalui kebijakan ini terjadi peningkatan konsumsi yang berdampak pada upaya pemulihan ekonomi masyarakat, khususnya pelaku UMKM dan produsen lokal.