Hadir Di Pelantikan JMSI Jawa Barat, Ketua KPK: Media Berperan Startegis Dalam Pemberantasan Korupsi

Ketua KPK Firli Bahuri/ist
Ketua KPK Firli Bahuri/ist

Media memiliki peran yang sangat strategis dalam mendorong upaya pemberantasan korupsi, termasuk membangun sistem pencegahan korupsi.


Keterbukaan informasi menjadi salah satu bagian dari sistem yang dapat mencegah perilaku korup.

Demikian disampaikan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri saat berbicara pada acara Pengukuhan Pengurus Daerah (Pengda) Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Jawa Barat periode 2022-2025 di Bandung, Jumat (21/1/2022).

“Dengan keterbukaaan seharusnya sudah tidak ada lagi korupsi, semua pengurusan sudah dengan sistem digital,” ujar Firli Bahuri. 

Terkhusus kepada JMSI, Firli Bahuri menyampaikan apresiasi dan rasa bangga dimana organisasi yang menaungi perusahaan-perusahaan media massa berbasis online ini terus menunjukkan komitmen dan dukungannya dalam upaya pemberantasan korupsi. Disebutkannya, produk jurnalistik sangat memberikan pengaruh pada pembaca.

“Teori komunikasi itu, apa yg dibaca itu yang akan teringat,” ujar Firli. 

Lebih lanjut mantan Kapolda Sumatera Selatan tersebut menyampaikan bahwa media bisa mengubah dan mengembangkan budaya dan membangun perubahan dan mewujudkan tujuan negara.

“Maknanya jika produk jurnalistik positif maka kita juga telah mewujudkan tujuan negara, begitu juga sebaliknya. Media sangat punya peran mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujarnya.

KPK sendiri menurut Firli berkepentingan dengan media. Dalam orkestrasi pemberantasan korupsi, media harus terlibat dalam orkestrasi pemberantasan korupsi. Menurutnya, dalam orkestrasi kamar kekuasaan legislatif terutama dapam proses penganggaran (perencanaan, pembahasan dan pengawasan) oleh DPR, media harus ikut mengawalnya.

“Sama halnya dengan orkestrasi pemberantasan korupsi di kamar kekuasaan eksekutif dan yudikatif. Media harus ambil peran dan melakukan pengawalan dan pengeuatan pemberantasan korupsi,” pungkas Firli Bahuri.

sebelumnya Ketua UMUM JMSI Teguh Santosa, menyampaikan apresiasi para pengurus JMSI sehingga bisa menjadi konstituen Dewan Pers. 

"Karenanya, diharapkan agar JMSI terus kibarkan bendera se-nusantara," katanya.

Acara ini juga dikemas dengan dengan pelantikan JMSI Jawa Barat oleh Ketua Umum JMSI Teguh Santosa,Sekjen Mahmud Marhaba. Yang di hadiri oleh seluruh Ketua JMSI tingkat Proponsi se Indonesia. Dan 12 Pengda Propinsi diberikan penghargaan atas dedikasi yang tinggi verifikasi JMSI sebagai konstituen dewan pers.