Gerakan Merawat Ibu Pertiwi, Taruna Merah Putih Lakukan Penanaman Pohon Di Medan

Taruna Merah Putih gelar penanaman pohon di bantaran Sungai Deli, Medan/Ist
Taruna Merah Putih gelar penanaman pohon di bantaran Sungai Deli, Medan/Ist

Pengurus DPD Taruna Merah Putih (TMP) Sumatera Utara melakukan kegiatan penanaman pohon di bantaran Sungai Deli di Kelurahan Pangkalan Masyhur Medan, Minggu (23/1/2022).


Penanaman pohon yang dilakukan organisasi sayap PDI Perjuangan ini dilakukan dengan menggandeng sejumlah elemen masyarakat seperti kalangan pecinta lingkungan hidup, unsur pemerintah setempat tersebut merupakan bagian dari kegiatan rangkaian ulang tahun PDI Perjuangan ke 49.

"Kita berharap penghijauan ini dapat membuat bantaran sungai tidak mudah terkena erosi," kata Ketua DPD TMP Sumut, Brilian Moktar yang didampingi Lurah Pangkalan Masyhur Rivai Ramadhana Harahap, jajaran kepala lingkungan dan pegiat lingkungan hidup Imran.

Sementara itu Ketua Panitia Franky Partogi Wijaya Sirait mengatakan kegiatan ini dilakukan mengingat kondisi bantaran sungai di Kota Medan yang sangat membutuhkan penghijauan. Banyaknya bantaran sungai yang digunakan menjadi tempat membangun mengundang keprihatinan tersendiri karena hal ini dapat memicu bencana.

"Berdasarkan pengamatan kami dilapangan, di Kelurahan Gedung Johor tidak adanya bahu sungai yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 37 tahun 2012. Maka Hal itu menjadi perhatian kita bersama dan meminta Gubernur Sumut dapat berkolaborasi dengan Pemko Medan dan instasi terkait guna menertibkan bangunan yang diduga menggunakan bahu sungai  demi terciptanya lingkungan yang asri, sehat, nyaman dan antisipasi bencana alam (banjir)," pungkasnya.