Ganda Campuran Raih Emas Dan Perak, China Berpeluang 'Sapu Bersih' Emas Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo

Pebulutangkis China di Olimpiade Tokyo 2020/Net
Pebulutangkis China di Olimpiade Tokyo 2020/Net

Peluang China untuk menyapu bersih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 pada cabang olah raga bulu tangkis masih terbuka lebar.


Hal ini terjadi mengingat wakil mereka masih mendominasi pada seluruh sektor yang dipertandingkan baik ganda putra, tunggal putra, tunggal putri maupun ganda putri.

Untuk sektor ganda campuran, negeri tirai bambu bahkan sudah memastikan diri sebagai peraih medali emas dan perak atas terciptanya 'all China final' antara ZHENG Si Wei/HUANG Ya Qiong vs WANG Yi Lyu/HUANG Dong Ping yang pada ajang ini menjadi unggulan pertama dan kedua.

Pada sektor ganda putra, China masih memiliki Li Jun Hui/ Liu Yu Chen yang akan menghadapi pertandingan melawan wakil Malaysia Aaron Chia/Sooh Woi Yik di babak semi final. Di atas kertas, Li/Liu lebih dijagokan mengingat posisi mereka sebagai unggulan 3 dan juga menang peringkat di federasi bulu tangkis dunia BWF dari Aaron/Sooh.

Sedangkan pada sektor ganda putri, China juga masih menempatkan wakilnya di babak semi final yakni Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Chen/Jia yang menempati unggulan kedua akan menghadapi pasangan Korea Selatan, Kim Soyeong/Kong Heeyong. 

Wakil China juga masih bercokol di tunggal putra dimana dua nama yakni Chen Long dan Shi Yuqi lolos ke semi final. Chen Long unggulan ke 6 akan menghadapi wakil China Taipei Chou Tien Chen. Sedangkan Shi Yuqi selaku unggulan 11 akan menghadapi Viktor Axelsen (Denmark) yang merupakan unggulan 4.

Pada tunggal putri, China juga masih menyisakan dua wakil yakni Chen Yu Fei dan He Bing Jiao. Chen Yu Fei merupakan unggulan pertama pada tunggal putri Olimpiade Tokyo ini, sedangkan He Bing Jiao ditempatkan pada unggulan 8.

China sendiri memang menargetkan 3 medali emas dari bulu tangkis Olimpiade Tokyo ini. Hal ini seperti disampaikan Presiden Asosiasi Bulu Tangkis China (CBA) Zhang Jun beberapa waktu lalu.

"Dari lima nomor, peluang terbesar kami untuk meraih medali emas ada pada nomor ganda campuran, tunggal putri, dan ganda putri,” kata Zhang Jun kepada media lokal beberapa waktu.