Fokus Pasar Tertuju Pada PILPRES di AS, Rupiah dan IHSG Menguat

Foto/Net
Foto/Net

IHSG mampu ditutup menguat tajam pada perdagangan hari ini. Kinerja IHSG mengalami pemulihan setelah sehari sebelumnya banyak barada di zona merah. Untuk hari ini, IHSG naik 0.87% di level 5.159,45. Kinerja IHSG membaik seiring dengan menguatnya sejumlah bursa global pada hari ini. Hal yang sama juga ditunjukan oleh Rupiah yang ditutup menguat di level 14.585 per US Dolar.


Ditengah ancaman besar covid 19, dan rilis data ekonomi yang buruk. IHSG dan Rupiah pada perdagangan hari ini justru menunjukan arah yang sebaliknya. Membaiknya sjeumlah kinerja bursa di Eropa yang dibuka menguat menjadi salah satu pendorong membaiknya kinerja indeks bursa saham nasional.

Dari beberapa kabar terkini terkait dengan perkembangan di pasar keuangan. Pemilihan Presiden AS yang mulai dilangsungkan selasa ini menjadi satu-satunya sentiment yang bisa membuat indeks saham berfluktuasi. Hanya saja saya menilai, pelaku pasar juga tengah dilanda rasa cemas seandainya ada gejolak saat terjadi pemilihan Presiden AS tersebut.

Jadi membaiknya kinerja indeks bursa saham pada hari ini harus lebih disikapi dengan hati-hati. Karena bisa saja tekanan pada pasar keuangan terjadi secara tiba-tiba. Karena pekan ini menjadi pekan yang penuh dengan ketidakpastian. Sehingga ada baiknya menyikapi kenaikan kinerja pasar keuangan ini dengan lebih berhati-hati lagi.