FISIP UMSU Bekali 4 Tim Mahasiswa yang Lolos PKM Nasional

Foto/Ist
Foto/Ist

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FISIP UMSU) memberikan pembekalan sekaligus melepas keberangkatan 4 Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang sudah lolos seleksi nasional.


Tim yang juga didanai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) ini akan turun ke lapangan untuk melaksanakan kegiatan kreativitasnya sesuai dengan proposal yang diajukan. Kegiatan pembekalan ini dilaksanakan secara luring dengan protokol kesehatan ketat di Laboratorium Sosial Politik dan halaman kampus FISIP UMSU, Rabu (14/6).

Di hadapan empat tim mahasiswa penerima dana hibah PKM, pembekalan langsung dilakukan  

Dekan FISIP UMSU, Dr. Arifin Saleh, S.Sos, MSP, Wakil Dekan I Drs. Zulfahmi, M.I.Kom, Wakil Dekan III Abrar Adhani, S.Sos, M.I.Kom Dosen, dua Dosen Pendamping yakni Fadhil Pahlevi Hidayat, S.I.Kom, M.I.Kom dan Edy Suprayetno, S.Pd, M.Pd, serta Pengurus SRCC FISIP UMSU Sigit Hardiyanto, S.Sos, M.I.Kom.

“Tahun 2021 ini, empat Tim PKM yang diketuai mahasiswa FISIP dinyatakan lolos setelah mengikuti seleksi tingkat nasional. Pembekalan dan pemberangkatan ini sebagai wujud dukungan fakultas dan prodi sekaligus memberi motivasi agar mereka lebih semangat mengerjakan kreativitasnya di lapangan,” ujar WD III Abrar Adhani ketika membuka kegiatan tersebut.

Empat tim PKM yang tersebut adalah PKM dengan judul Pemberdayaan Masyarakat Desa Lau Beng Kelade Dalam Menerapkan Fardhu Kifayah Dengan Bantuan Aplikasi Tata Cara Pengurusan Jenazah. Ketuanya Arif Abdillah, anggota Andini Wardhatul Jannah, Hafazira Sima, Sari Kiswah Rambe, Manisa Febiola Br Sitepu. Kemudian PKM Inovasi Batik Two In One Berbasis Augmented Reality Heroes Berdaya Saing Internasional. Ketuanya Faradina Ikhwani dengan anggota Dhea Irawati, Mugi Rahayu,

Selanjutnya, PKM dengan judul Early Education With Effective Learning Methods BCCT (Beyond Center Circle Time) And Storytelling Dalam Menanamkan Gerakan Revolusi Mental di PAUD Mutiara Rahma. Ketuanya Sarah Violytza Namora Lubis, anggota Nurmayani, Amirul Aulia Berutu, Musahadatul Anggraini, Sinya Salsabila.

Kemudian PKM dengan judul D-Gift: Inovasi Bisnis Kreatif Paketan Hadiah Digital Dengan Kemasan Ramah Lingkungan. Ketuanya Peny Eriska, anggota Alifah Hanum, Lola Fadhillah, Mutasya Biha, Ernanda Gunawan Syahputra.

“Lolosnya empat tim PKM FISIP UMSU di tingkat nasional merupakan hasil capaian kreativitas luar biasa mahasiswa di tengah pandemi Covid-19. Mudah-mudahan, pelaksanaannya di lapangan sesuai harapan sehingga terus melaju dan bisa menuju PIMNAS 2021,” ujar Dekan FISIP Dr. Arifin Saleh.

Edy Prayitno, salah seorang dosen pendamping/pembimbing mengatakan mulai minggu ini empat tim PKM FISIP akan turun ke lapangan mengerjakan kreativitasnya sesuai proposal yang sudah diajukan. Melalui PKM ini, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jawab, membangun kerja sama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.