Fajar/Rian Gagal Bikin Indonesia Bawa 2 Gelar dari Malaysia Open 2022

Fajar Alfian dan Mohammad Rian Ardianto/Net
Fajar Alfian dan Mohammad Rian Ardianto/Net

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Mohammad Rian Ardianto gagal menjadi juara pada Malaysia Open 2022 usai kalah dari wakil Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.


Fajar/Rian kalah lewat pertandingan 3 set 22-24, 21-16 dan 9-21.

Kekalahan ini membuat Indonesia gagal meraih dua gelar pada turnamen bertitel BWF Super 750 ini. Sebelumnya, 1 gelar juara sudah menjadi milik Indonesia di sektor ganda putri lewat pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang mengalahkan ganda China Zhang Shu Xian/Zheng Yu juga tiga set langsung 21-18, 12-21 dan 21-19 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (3/7/2022).

Set pertama berlangsung sulit bagi Fajar/Rian. Lawan yang berstatus unggulan 2 dalam turnamen ini langsugn memperlihatkan kombinasi serangan mereka yang membuat perolehan angka Fajar/Rian tertinggal hingga interval. Kesempatan Fajar/Rian untuk memenangkan set pertama sebenarnya sangat terbuka saat mereka berhasil membalikkan keadaan menjadi 21-20. Akan tetap servis yang terlalu pendek dari Rian membuat skor menjadi sama 21-21. Kesempatan lain muncul saat Fajar/Rian kembali memimpin 22-21, namun mereka tidak mampu memanfaatkan keunggulan dan bahkan harus kalah 22-24 pada set pertama.

Pada set kedua, permainan ganda yang akrab disapa Fajri terlihat membaik. Mereka membalikkan situasi dan menguasai jalannya pertandingan. Kombinasi serangan membuat Hoki/Yugo berulang kali melakukan kesalahan hingga akhirnya kalah 21-16.

Akan tetapi pada set ketiga, Hoki/Yugo yang tercatat berperingkat 2 BWF ini berhasil membalikkan situasi. Sempat ditempel ketat oleh Fajri, perolehan angka mereka melesat hingga 7-17.  Jarak yang sangat jauh membuat Yugo/Hoki terlihat semakin bersemangat dan terus menekan Fajri. Set ketiga menjadi milik Yugo/Hoki dengan skor 9-21 sekaligus memastikan gelar juara.